FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 03-2020

    357

    Jalin Sinergitas Atasi Keterbatasan PPNS Ditjen SDPPI

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Bogor, Kominfo - Tantangan penegakan hukum bagi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, salah satunya jumlah personel yang tercatat baru 243 orang. Jumlah itu mengawasi 1,9 juta km2 dan 90.584 pengguna frekuensi radio.

    “Keterbatasan jumlah personel PPNS SDPPI harus diatasi melalui model sinergitas bersama badan lain, misalnya dengan Ditjen PPI. Mereka dari unsur penyelenggaraannya, kita dari segi pemanfaatan spektrum dan perangkat,” kata Sekeretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika R Susanto dalam ceramah Pembekalan Akhir Peserta Diklat PPNS di ruang kelas Diklat PPNS Megamendung, Senin (02/03/2020).

    Sesditjen SDPPI mencontohkan di wilayah Jawa saja ada 38.626 pengguna frekuensi radio, sedangkan jumlah PPNS hanya 91 orang. Artinya, satu orang PPNS harus melakukan pengawasan terhadap 424 pengguna frekuensi radio. “Kalau kita sudah mempunyai 500 PPNS, maka saya kira sudah memadai untuk tidak hanya banyak berkumpul di pusat saja,” harap Susanto.

    Selain keterbatasan personel, tantangan lainnya adalah meningkatkan kualitas SDM dan menambah kegiatan penertiban. Terkait penguatan SDM, tugas Kemkominfo adalah menjalankan apa yang menjadi fokus dari visi dan misi Presiden, yakni yang berkaitan dengan pengembangan SDM itu. “Salah satunya meningkatkan kapasitas kemampuan kita lewat Diklat PPNS ini,” katanya.

    Susanto menambahkan para PPNS yang profesional dituntut untuk selalu meng-update berita-berita terkini dan mempelajari kasus-kasus terdahulu dari para senior yang sudah melakukan penegakan hukum. Termasuk para PPNS untuk mengikuti perkembangan berbagai peraturan dan perundang-undangan yang baru.
    Sebelum mengahiri ceramahnya, ia berpesan agar para peserta diklat bisa menjaga Integritasnya, bagaimana berperilaku sebagai cerminan institusi.

    Berita Terkait

    Balmon Banjarmasin Tingkatkan Kecakapan Nelayan Batulicin

    Masyarakat nelayan di Batulicin dan sekitarnya berkesempatan untuk mengurus perizinan Izin Stasiun Radio (ISR) Maritim dan sertifikasi kecak Selengkapnya

    Sinergitas Cegah Eksploitasi Seksual Anak Lewat Media Online

    Kasus eksploitasi seksual dan perdagangan anak melalui media online mulai marak selama Januari s.d. Februari 2020. Direktur Jenderal Apilkas Selengkapnya

    Dirjen IKP Ajak Humas Bangun Sinergitas Sosialisasikan Kebijakan Pemerintah

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo menekankan pentingnya sinergitas Hu Selengkapnya

    Pusdiklat Kominfo Terima 2 Sertifikat Akreditasi Lembaga Diklat Pemerintah

    Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima sertifikat akreditas lembaga diklat dari Lembaga Administrasi Selengkapnya