FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 03-2020

    1028

    Dirjen IKP: Kualitas Setara Swasta, Humas Pemerintah Harus Profesional

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Manggarai Barat, Kominfo -  Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam lima tahun ke depan akan mendorong setiap humas yang dimiliki oleh setiap instansi pemerintah mampu bekerja secara profesional.

    "Standing posisinya humas pemerintah harus sama dengan kualitas humas swasta," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo kepada InfoPublik, di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (07/03/2020).

    Menurut Dirjen IKP, kemampuan para humas pemerintah harus profesional dalam setiap melakukan kegiatan komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Supaya, setiap informasi mengenai program-program strategis pemerintah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. "Info dari pemerintah ini betul-betul dapat ditangkap sebagai suatu manfaat oleh masyarakat," katanya.

    Para humas pemerintah ini dituntut menguasai berbagai teknik dalam melakukan komunikasi, sehingga dapat tepat sasaran. Dengan tepat menggunakan medium komunikasi, niscaya komunikasi yang dilakukan akan menjadi efektif menyentuh masyarakat.

    Ada berbagai kanal komunikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menyentuh berbagai sesuai dengan mediumnya antara lain media cetak, radio, elektronik, media sosial (medsos), dan lain sebagainya.

    Proses penguasaan berbagai teknik komunikasi memerlukan waktu yang cukup lama. Namun, Widodo percaya, ketika seluruh humas pemerintah terbiasa melakukan pekerjaan komunikasi dengan profesional, maka setiap humas akan mampu menguasai tehnik komunikasi.

    Seiring dengan perkembangan waktu para humas pemerintah akan menjadi humas yang profesional. "Persoalan habituasi budaya birokrasi di kehumasan. Kami juga sekarang ini memberikan dorongan semangat pada para humas lainnya," pungkasnya.

    Berita Terkait

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    Dirjen PPI: Digitalisasi Penyiaran Peluang Lahirkan Konten Kreator Baru

    Digitalisasi penyiaran meningkatkan kualitas siaran yang diharapkan dapat mempertahankan kepemirsaan televisi di tengah pesatnya perkembanga Selengkapnya

    [Berita Foto] Kominfo Gelar Bimtek untuk Humas Pemerintah

    Acara itu ditujukan untuk meningkatkan kemampuan humas pemerintah dalam memanfaatkan kanal digital, termasuk media sosial. Selain itu, juga Selengkapnya

    [Berita Foto] Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

    Kominfo menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA