FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 03-2020

    1027

    Masyarakat Jangan Panik Tanggapi Isu Virus Corona

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan menghimbau masyarakat Indonesia agar tidak panik dalam menanggapi isu yang semakin luas beredar mengenai virus corona.

    “Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tidak panik dan berharap masyarakat mencari informasi mengenai virus corona ini hanya dari laman resmi dan media sosial Kementerian Kesehatan serta instansi terkait,” ucap Dirjen Semuel dalam acara Diskusi Publik Hoaks Virus Corona: Strategi dan Mitigasi Krisis Informasi, di Gedung Kominfo Jakarta, Senin (09/03/20).

    Meski menghimbau masyarakat untuk tidak panik, Dirjen Semuel juga meminta masyarakat agar selalu waspada dan mengikuti saran serta petunjuk dari Kementerian Kesehatan dan WHO.

    Dirjen Semuel juga berpesan agar masyarakat tidak langsung mempercayai dan dapat melakukan cek fakta terlebih dahulu ke sumber terpercaya sebelum menyebarluaskan suatu informasi apapun mengenai virus corona ini.

    “Segera melaporkan ke Kemkominfo atau Kemenkes apabila menemukan penyebaran informasi yang diduga hoaks mengenai isu corona ini,” pesannya.

    Dirjen yang biasa disapa Semmy tersebut juga menyampaikan bahwa Kementerian Kominfo terus berupaya mengatasi isu-isu hoaks mengenai virus corona yang menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat.

    “Kami khususnya di Ditjen Aptika terus melakukan patroli siber dan penanganan aduan isu hoaks melalui tim AIS,” jelasnya.

    Selain itu Kominfo juga terus memerangi isu hoaks terkait corona melalui berbagai platform media sosial yang dimiliki, chatbot antihoaks, dan Miss Lambe Hoaks. Selain melalui media daring, Kominfo juga terus melakukan klarifikasi melalui siaran pers terkait isu-isu corona yang sedang ramai diperbincangkan.

    “Salah satu contohnya untuk media massa kita kerjasama dalam publikasi rutin laporan isu hoaks yang ditemukan oleh Kominfo, serta untuk platform media sosial kita bekerjasama dalam hal pengajuan takedown atau blokir konten hoaks ke platform media,” tutupnya.

    Isu Corona menurut dokter sekaligus content creator, Clarin Hayes sangat penting untuk diketahui masyarakat. "Terutama mengenai apa itu corona virus? Bagaimana cara penyebaran mereka? Bagaimana cara menanganinya?" ungkapnya dalam diskusi.

    Menurut Clarin Hayes  jika masyarakat sudah paham dengan baik akan ketiga hal tersebut, maka masyarakat tidak akan mudah terhasut oleh isu-isu hoaks yang beredar.

    “Dari segala macam isu dan teror yang membuat kita semua panik, hal yang dapat kita lakukan ialah melawan isu tersebut dengan pengetahuan. Karena obat dari kepanikan ialah ilmu pengetahuan,” tegasnya.

    Dokter Clarin juga berpesan, bahwa yang bertugas menyembuhkan virus ini ialah sistem imun kita sendiri, apapun yang kita konsumsi selama dia bisa membantu sistem imun kita, maka dapat mempercepat proses penyembuhan.

    “Jika berbicara angka, dari 110 ribu orang yang terkena virus corona di dunia, yang telah berhasil sembuh ada sebanyak 62 ribu, sedangkan angka kematian cuma 3%. Jadi buat apa kita takut? Kita harus berani dan lawan virus tersebut,” tutupnya. 

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Video Pemulangan Pengungsi Rohingya

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim narasi pada video tersebut keliru. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    Tes Kesehatan Paru-Paru dengan Tahan Napas? Itu Disinformasi!

    Adapun cara mengetahui kesehatan paru-paru seseorang haruslah menggunakan cara medis melalui prosedur spirometri. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA