FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 03-2020

    474

    Dukungan Sektor Kominfo untuk Penanganan Covid-19

    SIARAN PERS NO. 40/HM/KOMINFO/03/2020
    Kategori Siaran Pers
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers Dukungan Sektor Kominfo untuk Penanganan Covid-19 di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Senin (16/03/2020). - (AYH)

    Siaran Pers No. 40/HM/KOMINFO/03/2020

    Senin, 16 Maret 2020

    Tentang

    Dukungan Sektor Kominfo untuk Penanganan Covid-19

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Kementerian Kominfo beserta Penyelenggara Telekomunikasi dan Penyelenggara Platform Digital siap mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo agar masyarakat dapat bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah.

    "Menindaklanjuti arahan Presiden kami sepakat mendukung kebijakan Presiden Jokowi untuk mendukung masyarakat agar bisa bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah atau saat ini dikenal dengan social distancing," ujar Menteri Johnny dalam Konferensi Pers Dukungan Sektor Kominfo untuk Penanganan Covid-19 di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Senin (16/03/2020).

    Menurut Menteri Johnny Penyelenggara Telekomunikasi dan Penyelenggara Platform Digital secara bersama-sama memberikan dukungan dan komitmen dalam mendukung kebijakan Presiden dalam mengatasi Pandemi Covid-19.

    "Diantaranya penyediaan bandwith dan kualitas layanan yang baik; penangkalan berita hoaks, maupun insentif lainnya," jelasnya.

    Menteri Kominfo mengapresiasi semangat pemangku kepentingan sektor Kominfo untuk mengakhir Pandemi Covid-19. "Saya berterimakasih kepada pimpinan perusahaan yang dengan semangat bersama untuk hadir di Kominfo dengan tujuan bersama memastikan mengakhiri penyebaran Covid -19," ungkapnya.

    Pada hari Minggu (15/03/2020), Presiden Joko Widodo menyampaikan  kebijakan Pemerintah mengenai peningkatan kewaspadaan agar penyebaran COVID-19 bisa dihambat. Dengan kondisi ini saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong menolong, bersatu padu, dan bergotong royong. Kita ingin ini menjadi sebuah gerakan masyarakat agar masalah Covid-19 ini bisa tertangani dengan maksimal,” ujar Presiden di Istana Bogor, Jawa Barat. 

    Hadir dalam konferensi pers mendamping Menteri Kominfo, Sekjen ATSI Marwan O. Bassir, Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Ardiansyah, Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro, dan Dirut SmartFren Merza Fachys. 

    Kesiapan 

    Menteri Kominfo menyatakan keterlibatan penyelenggara telekomunikasi bukan hal yang baru. "Bagi perusahan telekomunikasi untuk menyediakan bandwith tambahan dan kualitas layanan. Biasanya dilakukan pada hari raya atau event nasional dan internasional, bahkan jika ada bencana ada deployment infrastruktur," jelasnya.

    Menurut Menteri Johnny, Penyelengara Telekomunikasi sudah mengetahu masing-masing. "Optimum use berapa dan traffick paling tinggi dimana, secara teknis akan dilakukan penyelenggara," ujarnya.

    Mengenai temuan hoaks mengenai Corona yang dipantau Tim Ais Kementerian Kominfo, Menteri Johnny menyebut sampai saat ini sudah ada 232 isu hoaks. 

    "Sampai dengan hari ini bisa saya sampaikan ada 232 isu hoaks, di antaranya yang ke 232, hoaks yang Presiden Jokowi Positif Virus Corona. Kelatahan seperti ini merugikan diri sendiri, masyarakat dan bangsa dan negara," tandasnya seraya menegaskan bahwa Penyelenggara Telekomunikasi dan Penyelenggara Platform Digital juga siap untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran hoaks mengenai Covid-19.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 81/HM/KOMINFO/07/2020 tentang Kominfo Minta Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi Bergerak Seluler Lakukan Investigasi

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan telah meminta penyelenggara jaringan bergerak seluler untuk melakukan investig Selengkapnya

    Siaran Pers No. 80/HM/KOMINFO/07/2020 tentang Percepatan Digitalisasi Televisi Nasional

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan upaya Pemerintah untuk mempercepat digitalisasi sektor penyiaran, khususnya di Selengkapnya

    Siaran Pers No. 79/HM/KOMINFO/06/2020 tentang Kerja Sama Perluasan Akses PeduliLindungi dan Publikasi Konten Cerdas Bertelekomunikasi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan hasil kerja sama perluasan akses apli Selengkapnya

    Siaran Pers No. 78/HM/KOMINFO/06/2020 Tentang Percepat Digitalisasi Nasional, Kominfo Siapkan 5 Program Prioritas Tahun 2021

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan lima program prioritas untuk percepatan transformasi digital menuju masyarakat digital Ind Selengkapnya