FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 03-2020

    213

    Pemerintah Alihkan Anggaran untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Warga beraktivitas di Pasar Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (5/2/2020). - (antarafoto)

    Bogor, Kominfo - Presiden Joko Widodo meminta kepada Menteri Keuangan ada kurang lebih Rp40-an triliun yang segera bisa dialihkan untuk program-program yang berkaitan langsung dengan konsumsi atau daya beli masyarakat, baik petani, nelayan, pekerja, buruh, usaha mikro, dan usaha kecil.

    Kepala Negara juga mengingatkan kepada Menteri Desa dan PDTT serta Menteri Dalam Negeri agar mengarahkan semua kepala daerah, semua kepala desa, yang berkaitan dengan Dana Desa agar diarahkan kepada cash for work, padat karya. “Sehingga masyarakat desa bisa menikmati Dana Desa sebesar Rp72 triliun. Ini, diarahkan ke sana, jangan dipakai untuk hal-hal yang tidak menyasar pada konsumsi masyarakat, tidak menyasar pada daya beli masyarakat,” imbuh Presiden pada bagian lain pengantar pada Rapat Kabinet secara daring, Senin (16/03/2020).

    Berkaitan dengan Kartu Prakerja, Presiden mengharapkan hari ini organisasinya sudah selesai dan pada minggu ini kartu tersebut sudah bisa dijalankan karena menyangkut uang yang tidak sedikit, Rp10-12 triliun. “Saya kira perpres-nya sudah ada, organisasinya segera diselesaikan, sehingga Kartu Prakerja itu bisa segera dimulai dan segera bisa dilaksanakan,” ujarnya.

    Mengenai PKH tahap kedua, kepada Menteri Sosial, karena juga menyangkut uang yang besar, Presiden minta agar segera dimulai. Kalau bisa, Presiden minta apakah ada kemungkinan Menteri Keuangan menambah besaran dari PKH ini sehingga akan memperkuat daya beli, akan memperkuat konsumsi masyarakat dalam belanja jadi diharapkan pertumbuhan ekonomi tidak terlalu besar turunnya.

    “Saya kira ini juga sebuah kerja jarak jauh yang saya nilai juga sangat efektif dalam rangka tetap kita bekerja keras menyelesaikan persoalan-persoalan Virus Korona maupun perlambatan pertumbuhan ekonomi,” pungkas Presiden seraya menyampaikan jika ada yang ingin disampaikan dapat langsung diberitahukan.

    Berita Terkait

    Presiden: Siapkan Terobosan Baru untuk Percepat Penanganan Pandemi

    Presiden Joko Widodo meminta dilakukannya terobosan baru yang berdampak besar terhadap penanganan pandemi Covid-19 di tengah masyarakat. Ber Selengkapnya

    Inilah Instruksi Presiden untuk Tangani Covid-19 di Jawa Timur

    Semua pihak tidak ingin gelombang kedua pandemi terjadi sehingga benar-benar membutuhkan persiapan yang matang untuk menghadapinya. Selengkapnya

    Pemerintah Koordinasi Berikan Kemudahan UMKM Urus Sertifikasi dan Standardisasi Produk

    Pemerintah tengah mendorong percepatan transformasi UMKM ke ekosistem digital melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Hal ini tere Selengkapnya

    Pemerintah Akan Tingkatkan Produksi Alat Tes PCR

    Saat ini Bio Farma memproduksi alat tes PCR dengan kapasitas 50 ribu unit per minggu. Selengkapnya