FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 03-2020

    914

    Inilah Fitur Layanan WhatsApp Chatbot Covid19.go.id

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo - Saat ini warga Indonesia dapat menggunakan Akun WhatsApp dari Pusat Informasi Covid-19 powered by Kemkominfo RI. Pengguna bisa mengaksesnya secara gratis dengan mengirimkan pesan WA ke nomor 081133399000 atau klik tautan  https://wa.me/6281133399000. 

    "Publik dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah tersebut untuk memperoleh informasi secara interaktif melalui chatbot yang kontennya disediakan oleh BNPB dan Kemenkes RI," tutur Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers Dukungan Layanan Prima Telekomunikasi dan Penyiaran untuk Atasi Penyebaran Covid-19, di Jakarta, Kamis  (19/03/2020). 

    WhatsApp Chatbot Covid19.go.id memiliki 7 fitur informasi yang bisa dipilih melalui menu, antara lain A. Kabar Covid-19 terkini di Indonesia B. Sebenarnya apa sih Covid-19 itu? C. Apa saja gejala Covid-19?  D. Bagaimana cara melindungi diri?  E. Bagaimana cara melindungi orang lain?  F. Masker perlu gak sih?  dan G. Rumah Sakit Rujukan Covid-19.

    Untuk mengakses menu bisa mengirimkan huruf depan pilihan. Sementara untuk kembali ke menu utama tinggal ketik MENU. Dan ketik SELESAI bila mau mengakhiri perbincangan melalui WA Chatbot.

    Dalam peluncuran Layanan Prima Komunikasi dan Informatika dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Kamis (19/03/2020), Menteri Johnny menyebutkan layanan WhatsApp Chatbot khusus disediakan oleh WhatsApp Facebook.  “Kementerian Kominfo bekerja sama dengan WhatsApp (Facebook) dan Telkom Group membangun Chatbot Whatsapp yang bisa diakses publik, dengan nama akun: covid19.go.id,” tuturnya.

    Menurut Menteri Johnny, WhatsApp memberikan komitmen kebijakan khusus bagi Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait pandemi Covid-19. "WhatsApp hanya memberikan kebijakan ini secara eksklusif kepada dua negara, yakni Indonesia dan Singapura,” tegasnya.

    Berita Terkait

    Menkominfo: Jurnalis Garda Terdepan Informasi Covid-19

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memberikan apresiasi kepada jurnalis Indonesia dan seluruh dunia yang berada di garda ter Selengkapnya

    Inilah Hasil Evaluasi Siaran Selama Pandemi Covid-19!

    Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat kembali mengeluarkan imbauan untuk seluruh lembaga penyiaran terkait evaluasi muatan isi siaran selam Selengkapnya

    Ini Langkah Kominfo Tangkal Sebaran Hoaks Covid-19

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memastikan pihaknya akan menangkal setiap informasi yang tidak benar atau hoaks yang bere Selengkapnya

    Menkominfo Imbau ASN Gunakan Layanan mail.go.id

    Menteri Kominfo Rudiantara mengimbau aparatur sipil negara (ASN) menggunakan layanan mail.go.id dan menghindari semaksimal mungkin akun emai Selengkapnya