FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 03-2020

    5502

    [HOAKS] Menghirup Uap Panas Bisa Membunuh Virus Corona

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar video di media sosial video yang memperlihatkan langkah-langkah untuk mencegah penularan Virus Corona yaitu dengan cara  menghirup uap air panas.

    Klaim yang menyatakan bahwa menghirup uap air panas bisa membunuh virus Corona atau Covid-19 adalah klaim yang keliru. Hingga kini, belum ada penelitian kesehatan resmi yang bisa membuktikan bahwa menghirup uap air panas dapat membunuh virus Corona. Cara itupun tidak tercantum dalam rekomendasi dari WHO mengenai pencegahan penularan Covid-19. Klaim bahwa menghirup uap air panas bisa membunuh virus Corona Covid-19 juga dibantah oleh Sekretaris Jenderal Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Eka Ginanjar. Eka menilai tindakan tersebut tidak bermanfaat, karena virus ini ada di dalam sel tubuh walau masuknya memang secara droplet lewat sistem pernafasan. Eka justru khawatir masyarakat salah paham, mengira tips yang beredar di media sosial tersebut efektif. Hal itu menyebabkan masyarakat tidak lagi melakukan hal yang penting untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter :

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/707/fakta-atau-hoaks-benarkah-menghirup-uap-air-panas-bisa-membunuh-virus-corona-covid-19

    https://factcheck.afp.com/inhaling-steam-will-not-treat-or-cure-novel-coronavirus-infection

    Berita Terkait

    [HOAKS] Pengajuan Pinjaman Online BNI Melalui TikTok

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Bukti Pembayaran Jalan Tol di Indonesia Masuk ke Pendapatan Negara Cina

    Selengkapnya

    [HOAKS] Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Mempromosikan Obat Hipertensi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ledakan Dahsyat Gunung Anak Krakatau

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA