FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 04-2020

    223

    Satu Visi dan Strategi Tangani Covid-19

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Warga melintas di depan poster bertajuk Desain Poster untuk Indonesia Bersama Lawan Corona yang dipajang di halaman Roemah Rakyat, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/4/2020). Desain poster yang juga dipamerkan di sosial media tersebut dibuat sebagai media informasi, edukasi, sekaligus pemantik spirit kebersamaan untuk bangsa Indonesia bersatu padu melawan virus COVID-19. - (antarafoto)

    Bogor, Kominfo - Pemerintah telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat dan menjadikan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebagai opsi yang ditempuh untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

    Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas melalui telekonferensi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (02/04/2020), kembali mengingatkan bahwa baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus berada dalam satu visi yang sama.

    “Perlu saya tegaskan lagi bahwa mulai dari presiden, menteri, gubernur, bupati, wali kota, sampai kepala desa dan lurah harus satu visi yang sama, satu strategi yang sama, serta satu cara yang sama dalam menyelesaikan persoalan yang kita hadapi sekarang ini (Covid-19),” ujarnya.

    Aturan pelaksanaan PSBB tersebut juga telah diterbitkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang memberikan pedoman yang jelas dalam pelaksanaan hal itu.

    “Rujukannya sudah jelas, prosedurnya juga sudah jelas,” kata Presiden.

    Selanjutnya, Kepala Negara meminta Menteri Kesehatan untuk mengatur secara rinci melalui peraturan menteri tentang kriteria daerah yang dapat diterapkan PSBB di wilayahnya. Selain itu, peraturan menteri tersebut juga harus menjelaskan mengenai langkah-langkah apa yang mesti diterapkan oleh daerah dalam kondisi tersebut.

    “Saya minta dalam waktu maksimal dua hari peraturan menteri itu sudah selesai,” tandasnya.

    Berita Terkait

    Tiga Arahan Terbaru Presiden Terkait Penanganan Pandemi Covid-19

    Salah satu arahan tersebut ialah mengenai pengendalian arus balik untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Jabodetabek. Selengkapnya

    Inilah Strategi Pemulihan Ekonomi Desa Pasca Covid-19

    Selengkapnya

    Alat Kesehatan Karya Anak Bangsa untuk Tangani Covid-19

    Presiden mengharapkan agar karya-karya dan riset yang dilakukan tak berhenti di laboratorium dan hanya berhenti sebagai purwarupa saja. Selengkapnya

    Presiden Resmikan Peluncuran Produk Ristek dan Inovasi untuk Penanganan Covid-19

    Peluncuran tersebut bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional yang turut menandai kebangkitan bidang sains dan teknologi nasional Selengkapnya