FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 04-2020

    1455

    [DISINFORMASI] Virus Corona di India Disebarkan oleh Masyarakat Muslim dari Beberapa Negara

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan : 

    Beredar unggahan video melalui Facebook dengan narasi sejumlah orang muslim dari beberapa negara sengaja menularkan Virus Corona dengan menjilat piring, sendok, dan peralatan makan lainnya. Masyarakat muslim yang disebutkan pada unggahan tersebut ada Thailand, China, dan Indonesia. 

    Faktanya, klaim masyarakat muslim dari beberapa negara sengaja menyebarkan Virus Corona di India tidak benar. Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut diambil dari Vimeo yang diunggah pada tanggal 31 Juli 2018 tentang kelompok “Dawoodi Bohras” yang sedang melakukan tradisi tidak membuang-buang makanan. Kelompok itu dikenal tidak membuang-buang makanan sehingga setelah makan, mereka menjilat semua peralatan makan untuk memastikan tidak ada makanan yang terbuang. Peristiwa dalam video tidak ada kaitannya sama sekali dengan penyebaran Virus Corona, bahkan video di Vimeo diunggah pada 31 Juli 2018 jauh sebelum Virus Corona masuk ke India.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://factly.in/an-old-unrelated-video-is-being-falsely-shared-as-muslims-spreading-CoronaVirus-disease-by-applying-saliva-to-plates-and-spoons/

    https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1152431921756008/

    Berita Terkait

    [HOAKS] Bumi akan Gelap selama Tiga Hari Mulai dari 8 April 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Permohonan Bantuan Dana dari Pemerintah Kota Kendari

    Selengkapnya

    [HOAKS] Covid-19 Ternyata Disebabkan oleh Paparan Radiasi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Jessica Wongso Dibebaskan oleh Mantan Wakapolri

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA