FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 04-2020

    841

    Kominfo Minta Platform Digital Dukung Aktivitas Pelaku UMKM

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Seorang warga melakukan transaksi dengan sistem pembayaran Quick Respond Code Indonesian Standard (QRIS) pada Pekan Raya QRIS di Lapangan Taruna, Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (14/3/2020). - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta penyelenggara platform digital membantu dan memastikan aktivitas pelaku UMKM tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, Kementerian Kominfo memetakan program yang sudah dilakukan oleh platform digital berkaitan dengan dukungan terhadap pelaku UMKM di Indonesia.

    “Kami meminta kepada platform digital untuk dapat membantu warung dan UMKM, karena situasi pandemi Covid-19 membuat mereka terancam tutup. Padahal warung dan UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia secara real. Dalam beberapa kali rapat terbatas, Presiden Jokowi juga menyatakan perhatiannya dalam memastikan warung dan UMKM tetap dapat berjalan,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, saat memimpin rapat secara daring bersama dengan perwakilan platform digital, Senin (27/04/2020).

    Dirjen Semuel menyatakan Kementerian Kominfo juga akan memetakan dan mendukung langkah yang diambil platform digital untuk membantu pelaku UMKM. Salah satunya sosialisasi ke publik tentang program-program-program yang telah ada untuk mendukung warung dan UMKM.

    “Akan diupayakan agar Menteri Kominfo berkenan melakukan konferensi pers atau mengeluarkan press release sehingga kepercayaan publik kepada platform digital dapat dijaga dan ditingkatkan,” ucap Dirjen Semuel.

    Sementara mengenai logistik, Dirjen Semuel mengatakan sektor itu dikecualikan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Selama SOP kesehatan dijalankan, tidak ada alasan bagi masyarakat untuk menolak, karena hal ini membantu masyarakat,” terangnya.

    Selanjutnya Dirjen Semuel menyampaikan bahwa Kementerian Kominfo akan memastikan panduan pedoman Kemenkes untuk SOP pengantaran produk/makanan sehingga dapat diaplikasikan oleh platform digital dan para mitranya.

    Turut hadir dalam rapat Staf Khusus Bidang Kebijakan Digital dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Dedy Permadi; Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika I Nyoman Adhiarna; Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital Perdagangan, Sumarno; Kasi Pengembangan dan Fasilitasi Patform Perdagangan, Puti Adella serta perwakilan dari Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Grab, dan IdEa. (lry/m)

    RAGAM PROGRAM DUKUNGAN PLATFORM DIGITAL HADAPI PANDEMI Covid-19

    Tokopedia

    1. Program #GerakanMaskerKain sebagai dukungan kepada Pemerintah menggalakkan pemakaian masker kain. Disediakan kurasi berbagai macam masker kain dengan desain terbaik.
    2. Program “Satu dalam kopi” bekerja sama dengan Kemenparekraf dan Kemenperin untuk membantu pedagang kopi melakukan promosi.
    3. Program Tokopedia Peduli Sehat agar masyarakat dapat membeli peralatan kesehatan untuk melawan Covid-19 dengan harga mulai dari Rp 10.000. Mulai dari masker, termometer, hand sanitizer, vitamin, dan produk kesehatan lainnya.
    4. Kurasi berdasarkan kota yang memudahkan masyarakat menemukan warung atau UMKM yang berada di dekat mereka. Sudah ada 25 kota yang memiliki fitur ini.
    5. Takedown untuk barang yang dijual dengan harga terlalu tinggi. Masyarakat juga bisa memanfaatkan tombol lapor yang disediakan jika menemukan hal tersebut.

    Bukalapak

    1. Program Mitra Bukalapak, yang mendorong warung memakai platform Bukalapak dengan kontak yang diminimalisir.
    2. Penyerahan bingkisan peralatan kesehatan untuk melawan Covid-19 bagi mitra Bukalapak.
    3. Takedown barang-barang yang dijual dengan harga terlalu tinggi. Khususnya barang-barang terkait kesehatan dengan berkoordinasi dengan BPOM dan Kemenkes.
    4. Penyaluran bantuan sosial berkoordinasi dengan Basarnas.

    Gojek

    1. Membagikan voucher diskon kepada merchant (terutama UMKM bidang pangan) untuk fitur GoFresh.
    2. Memberikan voucher kepada mitra driver yang dapat digunakan pada merchant GoFood.
    3. Program Hari Kuliner Nasional (1 April – 5 Mei 2020), dengan memberikan promo berupa voucherdan diskon untuk menambah demand terhadap mitra GoFood.
    4. Memberlakukan SOP kebersihan makanan dan fitur contactless terhadap pelanggan.

    Grab

    1. Program Grab Kios untuk memajukan warung tradisional di Indonesia agar menjadi serba bisa dengan memanfaatkan teknologi.
    2. Survei dampak Covid-19 terhadap para merchant untuk mempersiapkan recovery plan.
    3. Memberlakukan SOP kebersihan bagi merchant GrabFood dan melakukan penyuluhan untuk memastikan kebersihan makanan dari merchant.
    4. Pengiriman contactless sehingga tidak perlu ada interaksi langsung antara pelanggan dan mitra Grab.
    5. Penyaluran bantuan sosial berkoordinasi dengan Kemensos dan PT. Pos untuk wilayah DKI Jakarta.

    Sumber: aptika.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA