FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 05-2020

    1333

    Penggunaan Aplikasi Jamin Data Bansos Terverifikasi dan Transparan

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Tangerang, Kominfo - Usai memastikan penyaluran bantuan sosial (bansos) tahap 1 di wilayah DKI Jakarta rampung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy terus melanjutkan kunjungan hingga ke wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek). 

    Pada lokasi titik pertama kunjungan di Kota Tangerang, tepatnya Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Menko PMK disambut oleh Walikota Tangerang Arief Wismansyah beserta jajaran.

    Menko PMK mengaku sangat mengapresiasi upaya dan inisiatif Pemerintah Kota Tangerang dalam mempercepat proses penyaluran bansos menggunakan aplikasi. Konon, aplikasi yang disebut Sidata dan Sigacor (Siaga Corona) itu diklaim mampu menjamin data penerima bansos terverifikasi dan lebih transparan.

    "Dengan aplikasi ini, baik dari segi pengiriman ataupun sasarannya sudah terverifikasi dengan baik. Saya kira ini bisa dicontoh oleh kabupaten/kota lain, meski saya yakin kabupaten/kota yang lain juga sudah mengembangkan aplikasi," ujarnya saat kunjungan di Kota Tangerang, Senin (11/05/2020).

    Menurut Muhadjir, penggunaan aplikasi itu juga sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk memastikan data penerima bansos betul-betul tepat sasaran dan cepat sampai kepada masyarakat yang membutuhkan. Pun sekaligus menjadi rekap data untuk perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

    Bukan hanya itu, sebutnya, aplikasi tersebut juga menunjukkan kerja sama yang sudah sangat baik dan terpadu antara pemerintah pusat, daerah, dan para perangkat kelurahan dalam menangani dampak sosial ekonomi masyarakat akibat Covid-19. Selain itu,  agar pemberian bantuan stimulus Covid-19 di Kota Tangerang tidak overlapping antara bantuan pusat dan daerah, dibedakan dengan pembagian zona wilayah kecamatan.

    "Tapi perlu diingat bahwa kita akan terus melakukan evaluasi. Jadi jangan kaget kalau di tengah jalan ada perubahan-perubahan berdasarkan hasil monitoring tim saya yang disampaikan kepada Mensos dan Mendes untuk perbaikan berikutnya," ucap mantan Mendikbud tersebut.

    Hingga 10 Mei 2020, perkembangan realisasi bansos presiden sudah bergerak signifikan. Tahap 1 untuk wilayah DKI Jakarta rampung 100% dilanjutkan tahap II sudah 22,2%, menyusul wilayah Bodetabek tahap I keseluruhan 8,83% dengan khusus wilayah Kota Tangerang sebanyak 5.955 KPM atau 10,76%.

    "Bantuan akan terus kita salurkan sambil kita mengupayakan percepatan penanganan Covid-19. Kalau untuk Jabodetabek ini sudah ada penurunan untuk kasus positifnya, maka perhatian pemerintah akan mulai bergeser ke wilayah luar Jabodetabek yang kita taksir menjadi episentrum baru penyebaran Covid-19 ini," tandas Menko PMK.

    Untuk diketahui selain mengunjungi Kelurahan Babakan, Menko PMK juga memastikan penyaluran bansos ke Kelurahan Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

    Berita Terkait

    Perubahan Iklim Hasil Konspirasi? Itu Hoaks!

    Dalam catatan geologi, perubahan iklim selalu terjadi baik karena faktor alami atau akibat manusia. Selengkapnya

    Menjaga Netralitas ASEAN Lewat Konsolidasi Inter dan Antarpilar

    Indonesia memegang kembali keketuaan ASEAN pada 2023, setelah pada tahun sebelumnya dipegang oleh Kamboja. Selengkapnya

    Percepat Digitalisasi Pos, Kominfo Siapkan Fasilitasi

    Usai dilantik bersama lima pejabat pimpinan tinggi pratama lain, Direktur Gunawan Hutagalung menyatakan penyelenggaraan pos saat ini masih d Selengkapnya

    Pertemuan Ketiga DEWG G20 Labuan Bajo Terapkan Prokes Ketat

    Sistem bubble diberlakukan, untuk membatasi kontak antarorang yang beraktivitas pada kegiatan G20 dengan orang di luar atau dengan kelompok Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA