FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 05-2020

    1139

    Sivitas Kominfo Salurkan Bantuan Donasi Peduli Covid-19

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo - Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti secara simbolis menyerahkan bantuan donasi Pegawai Kominfo Peduli Covid-19. Hasil donasi  yang terkumpul dari pegawai Kementerian Kominfo sebanyak lebih dari 418 juta itu akan disalurkan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

    "Terima kasih kepada seluruh karyawan-karyawati Kementerian Kominfo yang secara ikhlas, secara suka rela telah memberikan bantuan untuk saudara-saudara kita, ataupun rumah sakit yang membutuhkan," tutur Sekjen Kominfo di Ruang Serbaguna Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (14/05/2020)

    Menurut Sekjen Niken, penggalangan donasi yang dikumpulkan hingga 3 Mei 2020 itu akan dirupakan dalam bentuk sembako, Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis, serta bantuan uang tunai yang akan diserahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). "Adapun total keseluruhan dana yang terkumpul sebanyak Rp.418.268.692," jelasnya.

    Berdasarkan hasil kesepakatan dalam rapat kepanitiaan, penerima hasil donasi akan dikelompokkan dalam dua kategori penerima bantuan sembako yakni untuk internal pegawai Kementerian Kominfo dan masyarakat. Untuk pegawai Kominfo yang berhak menerima bantuan antara lain petugas security, office boy dan tenaga pengemudi dari masing-masing satuan kerja (Satker). Sedangkan, untuk masyarakat akan diberikan bagi yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19.

    “Kita ikut berbelas kasih, berbela rasa, karena banyak saudara-saudara kita yang terdampak Covid-19 ini, bahkan banyak juga yang pekerjaan sehari-hari dilakukan, tapi karena kondisi seperti sekarang mereka tidak bisa mendapatkan penghasilan,” ujar Sekjen Kementerian Kominfo.

    Kementerian Kominfo juga akan memberikan bantuan alat Rapid Test yang merupakan hasil kerja sama dengan berbagai pihak. Sekjen Niken menambahkan, situasi pandemi Covid-19 ini belum diketahui secara pasti kapan berakhir, sehingga yang terpenting saat ini bagaimana seluruh elemen masyarakat menerapkan imbauan dan kebijakan yang disampaikan pemerintah terkait menjaga jarak, mengutamakan kebersihan dan berbagai protokoler penanganan lainnya.

    “Kita kedepan harus menjaga diri kita dan keluarga kita masing-masing, jadi edukasi yang dilakukan oleh pemerintah, oleh Kementerian Kominfo dan semua pihak ini betul-betul kita terapkan,” terangnya. 

    Layanan Kominfo Lawan Covid-19

    Selain menyampaikan arahan terkait dengan penyerahan bantuan donasi, Sekjen Kementerian Kominfo juga menyampaikan beberapa layanan prima yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Kominfo bekerja sama dengan sejumlah mitra kerja untuk menangani dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

    "Kementerian Kominfo beserta operator telko membuat aplikasi PeduliLindungi, di mana dengan aplikasi ini kita dapat mengetahui posisi kita apakah masuk dalam zona merah persebaran Covid-19 atau zona aman,” jelas Sekjen Niken.

    Menurut Sekjen Kementerian Kominfo juga ada layanan Chatbot WhatsApp Covid-19 yang bermanfaat untuk mengetahui perkembangan data di dunia maupun Indonesia, serta rumah sakit rujukan dalam memudahkan masyarakat secara berkala memeriksa kesehatan.

    Bahkan Sekjen Niken menambahkan selama penerapan PSBB, Kementerian Kominfo juga menyelenggarakan Program Digital Talent Scholarship 2020 secara daring dengan memberikan beasiswa kepada generasi muda Indonesia untuk mendapatkan pelatihan digital seperti cloud computing, big data, cyber security dan pelatihan digital lainnya.

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Bantuan BI Senilai Rp125 Juta untuk Pelaku UMKM

    Faktanya, klaim yang beredar tersebut adalah tidak benar. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Awas Hoaks! Bantuan Dana Peserta BPJS Kesehatan

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata informasi bantuan dana Rp125 juta untuk peserta BP Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA