FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 05-2020

    1200

    Kemenkominfo Tawarkan Beasiswa Pelatihan Digital Bagi 15.200 Peserta

    Kategori Sorotan Media | meit001
    Ilustrasi aktivitas di depan komputer. - REUTERS/Kacper Pempel

    Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuka beasiswa bagi 15.200 peserta untuk mendapatkan pelatihan di Program Digital Talent Scholarship (DTS) 2020 Online Academy Batch 2. 

    Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Basuki Yusuf Iskandar mengatakan pelatihan bertujuan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) guna mendukung transformasi digital di Indonesia menuju Industri 4.0.

    "Melalui Program DTS 2020 Online Academy, Kominfo memberikan beasiswa pelatihan dan sertifikasi untuk peserta terpilih untuk meningkatkan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi," ujar Basuki dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Rabu (13/05/2020).

    Pandemi Covid-19, lanjutnya, tidak menjadi penghalang untuk meningkatkan kapasitas SDM di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

    "Dalam kondisi seperti ini tidak menghambat atau mencegah kita untuk melakukan pembelajaran dari rumah. Program DTS ditujukan untuk pengembangan SDM TIK agar mampu memasok keahlian yang diperlukan dalam era digital bahkan diharapkan bisa mengurangi jumlah pengangguran," jelasnya.

    Mengutip data World Economic Forum, Basuki menyebutkan proyeksi kebutuhan tenaga kerja bidang TIK secara global mencapai 600 ribu orang setiap tahun. Kebutuhan tenaga kerja TIK utk menengah dan besar sebanyak 323.662 ribu orang. Ditambah kategori kecil dengan jumlah puluhan ribu.

    Online Academy Batch 2 digelar dengan dukungan Global Technology Company seperti Dicoding, Facebook, Google, Microsoft dan Progate. Materi pelatihan disiapkan oleh Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Global Technology Company.

    Dalam program tersebut, peserta Online Academy akan belajar mandiri secara daring serta mengatur waktu belajar secara mandiri dan terjadwal sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

    Terdapat 8 tema pelatihan dalam Program DTS 2020 Online Academy Batch 2, antara lain Associate Cloud Engineer (Google), Digital Skills (Microsoft), Android Developer (Dicoding), iOS  Developer (Dicoding), Augmented Reality (Dicoding), Programming: HTML, CSS, Javascript (Progate), Digital Entrepreneurship (Google) dan Digital Entrepreneurship (Facebook).

    Pendaftaran program dibuka mulai 12 Mei 2020 sampai 31 Mei 2020. Pelatihan akan dimulai minggu kedua bulan Juni 2020.

    Seluruh pelatihan juga terbuka untuk penyandang disabilitas.

    Tahun ini, Program DTS ditargetkan menjangkau 60 ribu orang peserta dari seluruh Indonesia. Selain Online Academy, dalam Program DTS terdapat Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, Coding Teacher Academy, dan Thematic Academy.

    Tahun ini, Program DTS juga ditambah dengan menghadirkan Regional Development Academy dan Digital Entrepreneurship. 

    Selain itu, Kemenkominfo menyiapkan fasilitas pendampingan dan aplikasi Simonas untuk mempertemukan talenta digital dengan peluang kerja dan usaha di berbagai perusahaan teknologi atau peluang wirausaha lain.

    Pendaftaran dan informasi lebih lanjut silakan akses https://digitalent.kominfo.go.id/


    Sumber: Bisnis.com
    Pewarta: Rahmad Fauzan

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Migrasi ke TV Digital Akan Buka 232.000 Lapangan Kerja Baru

    Migrasi tv analog ke digital atau yang disebut Analog Switch-Off (ASO) diperkirakan menumbuhkan 232.000 lapangan pekerjaan baru. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA