FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 05-2020

    1242

    Menkominfo: Tiga Transmisi Informasi Penting sebagai Upaya Akhiri Covid-19

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, upaya mengakhiri pandemi Covid-19 di Indonesia telah dilakukan melalui berbagai kebijakan. Dari sisi Kementerian Kominfo, Menteri Johnny menyebutkan tiga transmisi informasi yang telah dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. 

    “Dari sisi Kominfo, kita sekarang dengan kemajuan teknologi dan pembangunan infrastruktur ICT, kita menyiapkan regulasi-regulasi terkait dengan ICT, mengelola managemen spektrum untuk menyiapkan bandhwit yang memadai, dan memberikan stimulus dalam menghasilkan talenta-talenta digital yang memadai,” tutur Menkominfo, Jakarta, Sabtu (16/05/2020).

    Melalui kemajuan teknologi itulah, Kementerian Kominfo di situasi Covid-19 ini mengambil tiga langkah transmisi informasi yaitu SMS Blast melalui 112, 117 dan 119 dengan berbagai penggunaannya. 

    Transmisi informasi lainnya melalui Chatbot yang bekerja sama dengan platform WhatsApp dan menghadirkan aplikasi PeduliLindungi.

    “Kalau kita bisa mencegah lebih banyak, mengingatkan rakyat untuk mengikuti protokol dan melakukan tracing (pelacakan) gerakan dari pasien yang tertular, maka kita bisa jaga agar tindakan preventif kita bisa efektif," jelas Menteri Johnny.

    Menurut Menteri Kominfo, ketika transmisi informasi ini kemudian dijalankan dengan baik, masyarakat dengan sendirinya ikut membantu petugas medis dalam memerangi Covid-19. Di sisi lain, aktifitas social distancing saat ini perlahan akan berkurang.

    “Ini membuat tugas medis menjadi lebih gampang atau lebih ringan, aktifitas masyarakat di new normal juga bisa mulai bergerak,” ujarnya

    Kementerian Kominfo hingga saat ini terus berupaya menghadirkan berbagai kebijakan dari sektor komunikasi dan informatika, memanfaatkan infrastruktur TIK menjadi salah satu langkah non medis dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

    Berita Terkait

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA