FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 05-2020

    1121

    [DISINFORMASI] Video "Kisah pilu dari ITALY IBU nya meninggal pasien COVID-19"

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah video di media sosial dengan klaim yang memperlihatkan seorang anak laki-laki dari Italia menatap langit malam sembari memanggil ibunya yang meninggal karena Virus Corona. Sebagian status unggahan itu berbunyi : “Assalamualaikum..salam rindu selalu..

    “Kisah pilu dari ITALY IBU nya meninggal pasien COVID-19 .Kakak terpaksa bohong kepada sang adik ketika adik bertanya ‘Mama dimana?Kakaknya sambil nangis peluk adiknya yang polos dan berkata IBUNYA DI LANGIT...”

    Faktanya bahwa klaim tersebut salah. Tidak ada bukti bahwa Ibu anak itu meninggal karena COVID-19. Anak di video tersebut berbahasa Spanyol bukan Italia. Video itu juga telah beredar secara online sebelum Italia melaporkan korban kematian pertama akibat COVID-19 pada tanggal 21 Februari 2020. Pada tanggal 21 Februari 2020, Adriano Trevisan, seorang pensiunan tukang batu berusia 78 tahun di Italia bagian utara, menjadi orang Eropa pertama yang meninggal karena penyakit akibat Virus Corona.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://periksafakta.afp.com/anak-laki-laki-ini-berbicara-bahasa-spanyol-videonya-telah-beredar-online-sebelum-italia-melaporkan

    https://www.youtube.com/watch?v=Op48THsiu0Y

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Pecat Ketua MK Anwar Usman

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Ketua MK Anwar Usman Anulir Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Melantik AHY Sebagai Menko Polhukam

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] KPU Tolak Pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA