FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 05-2020

    9089

    [DISINFORMASI] Covid-19 Hanya Flu Biasa dan Hasil Rekayasa untuk Cari Untung

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Sebuah akun Facebook membagikan tulisan panjang yang berisi klaim bahwa Covid-19 hanyalah flu biasa yang ringan dan merupakan hasil rekayasa untuk mencari keuntungan. Penyembuhan Covid-19 pun diklaim tidak jauh berbeda dengan penyembuhan flu pada umumnya. Tulisan itu diawali dengan kalimat "Mereka (tenaga medis) cuma korban penipuan, semua ini settingan, bohongan. Virus Covid-19 beneran ada dan seperti flu lainnya, tapi lebih ringan. Namun mudah menular karena sudah ditambahi asam amino 4x lipat….."

    Dilansir daricekfakta.tempo.co yang telah melakukan penelusuran fakta menyimpulkan bahwa, klaim yang mnyebut Covid-19 sebagai flu biasa adalah klaim yang salah. Stanford Children's Health menjelaskan bahwa SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 adalah virus Corona jenis baru yang belum diidentifikasi sebelumnya dan tidak sama dengan virus Corona yang menyebabkan penyakit ringan, seperti flu biasa. Meskipun berada dalam keluarga virus Corona, SARS-CoV-2 adalah virus baru yang menyerang manusia. Selanjutnya, tidak ada pula bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa virus Corona penyebab Covid-19 adalah virus buatan untuk tujuan komersial.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/803/fakta-atau-hoaks-benarkah-covid-19-hanya-flu-biasa-dan-hasil-rekayasa-untuk-cari-untung

    Berita Terkait

    [HOAKS] Pengungsi Rohingya Bakar Gudang di Aceh karena Tidak Diberi Uang

    Selengkapnya

    [HOAKS] Indonesia Gabung Rusia dan Iran untuk Serang Israel

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pembagian Beras Hasil Ketahanan Pangan Food Estate dari Menhan

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Google Tampilkan Hasil Elektabilitas Pemilu 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA