FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 06-2020

    881

    Wapres Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila secara Virtual

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pagi ini menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di rumah dinas Wapres Jl. Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin (01/06/2020).

    Wapres yang menggunakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) itu melalui video conference tampak berdiri tegak di ruang tengah kediaman dinasnya untuk mengikuti upacara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

    Upacara berlangsung secara khidmat dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

    Sebelumnya dalam satu kesempatan, Wapres mengungkapkan bahwa Pancasila merupakan ideologi negara yang menjadi simbol keberagaman bangsa Indonesia.

    Pancasila merupakan hasil dari kesepakatan para pendiri bangsa. Pancasila telah menjadi konsensus nasional. Dalam bahasa agama, disebut mitsaaq. Dan agama mengajarkan kita untuk berkomitmen mematuhi kesepakatan yang suda kita ambil,” tegasnya.

    Bagi bangsa Indonesia, menurut Wapres, Pancasila hadir untuk menjadi titik temu segala perbedaan dari berbagai macam suku bangsa, agama, dan kepercayaan. Implementasi nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat dilakukan dengan tindakan nyata dari seluruh masyarakat, khususnya saat ini dalam menghadapi pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019).

    “Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, semoga semangat persatuan bangsa dapat terus terjaga. Mari wujudkan Pancasila sebagai pedoman untuk melakukan tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia Maju,” pungkas Wapres. 

    Berita Terkait

    Perpres "Publisher Rights", Upaya Pemerintah Wujudkan Jurnalisme Berkualitas

    Presiden mengatakan bahwa Perpres tersebut melalui proses pertimbangan yang sangat panjang untuk dapat diberikan persetujuan. Selengkapnya

    Presiden Hadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2024

    Kepala Negara menyampaikan apresiasi terhadap seluruh insan pers di Tanah Air yang telah konsisten menemani masyarakat Indonesia dalam kehid Selengkapnya

    Wapres Imbau WNI di Arab Saudi Gunakan Hak Pilihnya

    Wapres mengimbau kepada para WNI agar menggunakan hak pilihnya untuk mendukung suksesnya Pemilu 2024. Selengkapnya

    Wapres Sambut Baik Gerakan Jaga Keutuhan Bangsa

    Wapres menyambut baik Gerakan Nurani Bangsa yang digagas para tokoh bangsa. Gerakan menjaga keutuhan bangsa memang harus terus digaungkan ke Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA