FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 06-2020

    1365

    Hilirisasi Industri Jadi Skenario Pemulihan Ekonomi Pascapandemi

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Warga memilih baju yang akan dibelinya di Pasar Rangkasbitung, Lebak, Banten, Sabtu (9/5/2020). Menurut Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) industri tekstil dan produksi tekstil (TPT) tanah air terancam gulung tikar jika pemerintah tidak segera memberikan stimulus serta relaksasi bagi industri TPT yang mengalami tekanan arus kas akibat sepinya pasar ekspor dan lokal karena pandemi COVID-19. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) tengah menyiapkan skenario pemulihan ekonomi di Indonesia pascapandemi covid-19. Di antara skenario itu yakni membangun industri dari hulu ke hilir yang terintegrasi yang diyakini menjadi faktor penarik investasi ke Indonesia.

    Hal itu seperti disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam diskusi Indonesia Moving Forward bertema Menjadikan Indonesia Tujuan Primadona Investasi Pascapandemi, Selasa (02/06/2020) petang.

    Menko Luhut mengatakan, salah satu industri yang menjadi fokus pemerintah adalah pengembangan baterai lithium menggunakan raw mineral Indonesia yang kaya akan nikel dan kobalt sebagai dua bahan utama baterai EV.

    Berdasarkan riset, Menko Luhut mengatakan Filipina memiliki deposit nikel nomor dua setelah Indonesia. Diprediksi deposit nikel itu akan habis dalam dua tahun ke depan. Sehingga Indonesia akan menjadi pilihan utama bagi negara-negara yang berinvestasi di sektor pengembangan baterai lithium.

    “Negara lain akan tergantung dengan kita. Saat ini kita memainkan ‘gendangnya’. Karena itu kita akan segera mendorong transfer teknologinya,” kata Menko Luhut.

    Optimisme Menko Luhut dalam pengembangan industri dari hulu ke hilir secara terintegrasi bukan tanpa alasan. Dia mengatakan, Indonesia memiliki cadangan mineral sebagai bahan baku inustri yang cukup banyak jika dibanding negara-negara Asia seperti Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

    Berdasarkan data BPS, nilai ekspor besi baja Indonesia secara konstan meningkat dalam tiga tahun terakhir. Pada 2017 nilai ekspor besi baja senilai 3,3 miliar USD, meningkat menjadi 5,3 miliar USD pada 2018, dan 7,4 miliar USD pada 2019. Bahkan nilai ekspor besi baja melebihi ekspor kendaraan di kuartal pertama tahun 2020.

    Menko Luhut menambahkan, pembangunan industri dari hulu ke hilir akan memberi nilai tambah bagi Indonesia. Dia mencontohkan, ekspor biji nikel pada 2018 sebesar 19,28 juta ton senilai 612 juta USD. Saat biji nikel diolah menjadi stainless steel slab, volume ekspor menjadi sebesar 3,85 juta ton dengan nilai 6,24 miliar USD.

    “Ada peningkatan nilai ekspor sebesar 10,2 kali lipat di sini. Selama ini kita hanya ekspor raw material, ini yang coba diubah pemerintahan Jokowi sejak lima tahun ke belakang. Kita ingin hilirisasi nikel. Ini sudah kita mulai di Sulawesi dan Maluku,” kata Menko Luhut.

    Untuk membangun industri dari hulu ke hilir yang terintegrasi tentu membutuhkan kerja sama dari pihak lain. Menko Luhut mengatakan pemerintah akan membuka investasi bagi negara-negara lain yang bisa memberikan imbal balik bagi Indonesia.

    “Dalam investasi tentu ada take and give. Indonesia akan memprioritaskan investor yang mau turut membantu memberikan nilai tambah bagi Indonesia dalam mengelola sumber daya mineral. Harus ada transfer teknologi, hingga mendidik tenaga kerja lokal,” pungkas Menko Luhut.

    Berita Terkait

    UMKM dan Pedagang Jadi Pasar Tulang Punggung Ekonomi Nasional

    Menurut Mendag, digitalisasi sebuah keniscayaan sehingga perdagangan perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Selengkapnya

    Presiden Ajak Talenta Muda Indonesia Jadi Bagian dari Semangat Reformasi Birokrasi

    Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen CASN sebanyak 2,3 juta formasi. Selengkapnya

    Presiden: Songsong Ekonomi Nasional 2024 dengan Optimisme

    Di samping itu, Kepala Negara juga optimistis pertumbuhan ekonomi pada tahun 2024 masih berada di kisaran lima persen. Selengkapnya

    Digitalisasi UMKM Jadi Kunci Optimalkan Bonus Demografi

    UMKM tentunya akan memiliki peranan besar dalam mengkapitalisasi bonus tersebut dalam penyerapan tenaga kerja. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA