FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 06-2020

    272

    BPK dan KPK Telusuri Penggunaan Dana Beasiswa di Jember, Hoaks!

    Kategori Berita Kementerian | doni003

    Jakarta, KominfoLewat platform Whatsapp beredar pesan berantai tentang keterangan penerima beasiswa akan diperiksa untuk mempertanggungjawabkan penggunaan dana tersebut.

    Pesan tersebut bahkan juga mencantumkan nama-nama pengguna beasiswa yang dinyatakan menyalahi aturan dan harus mengembalikan uang negara hingga mencapai belasan juta. Pesan tersebut beredar pada sebagian masyarakat Jawa Timur, khususnya masyarakat Jember.

    Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapatkan fakta bahwa informasi pada pesan tersebut adalah tidak benar dan bukan berasal dari sumber kredibel.

    Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Jember Edy Budi Susilo, menyatakan BPK memang melakukan pemeriksaan terhadap beberapa penerima beasiswa guna pengawasan dana hibah dari Pemkab Jember.

    “Tetapi pesan yang menyebutkan adanya KPK dan sanksi pengembalian uang bahkan sampai sanksi penjara adalah tidak benar,” tegas Edy.

    Edy Budi juga mengimbau penerima beasiswa Pemkab Jember tak perlu khawatir uang beasiswa yang mereka terima bermasalah.  “Sebab, anggaran tersebut dicairkan melalui prosedur resmi dan sesuai ketentuan Pemerintah,” katanya.

    Berikut daftar lengkap hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (13/06/2020):

    Berita Terkait

    KPK Gelar Lomba Petak Umpat? Awas Hoaks!

    Beredar unggahan di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar lomba petak umpat untuk menyam Selengkapnya

    Penangguhan Sekolah Tatap Muka di Sukabumi? Awas Hoaks!

    Beredar pesan berantai di grup aplikasi WhatsApp mengenai penangguhan pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka pada tan Selengkapnya

    Kelinci Percobaan Habis, China Uji Coba Vaksin di Indonesia, Awas Hoaks!

    Beredar kabar laboratorium di China kehabisan monyet untuk percobaan vaksin Covid-19. Konon, di media sosial, informasi itu ditambahi dengan Selengkapnya

    Gaji PNS Daerah Bakal Ditunda! Itu Hoaks!

    Beredar konten di media sosial yang berisi kabar gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah bakal ditunda pa Selengkapnya