FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 06-2020

    859

    Lewat Bimtek Daring, Kominfo Sertifikasi Nelayan dan ABK

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Manado, Kominfo – Nelayan dan anak buah kapal penangkap ikan di Sulawesi Utara mendapatkan Sertifikat Jarak Jangkau Jauh (LRC), setelah mengikuti Bimbingan dan Pelatihan Sertifikasi Operator Radio (SOR) yang dilakukan secara daring.  Sertifikat LRC diperuntukkan bagi nelayan yang beroperasi di zona A1 dan A2 perairan Indonesia, serta tidak masuk wilayah perairan negara lain.

    "Tercatat 39 nelayan dan anak buah kapal mengikuti kegiatan tersebut. Ini guna membekali para peserta agar memiliki keterampilan komunikasi radio yang baik dan benar,” jelas Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Manado Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika,  Syamsul Huda, di Manado Kamis (18/06/2020).

    Menurut Syamsul Huda, proses sertifikasi dilaksanakan secara daring untuk mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19, mengingat saat ini masih dalam tahapan memasuki tatanan baru (new normal). “Sesuai arahan yang ditetapkan oleh Direktur Operasi Ditjen SDPPI,” kata Syamsul Huda.

    Kegiatan SOR bagi nelayan merupakan optimalisasi layanan afirmatif Maritime on the Spot (MotS). Selain penerbitan Izin Stasiun Radio (ISR) Kapal Laut, juga dilakukan layanan penerbitan SOR nelayan. Nelayan yang telah mengikuti Bimbingan dan Pelatihan diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan mereka dalam kegiatan usaha di laut.

    Kegiatan diawali arahan sekaligus pembukaan oleh Kasubdit SOR, mewakili Direktur Operasi Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber dari Balmon Manado tentang peraturan radio, teknik radio dan tata cara komunikasi radio.

    Nelayan yang mengikuti program ini tidak dipungut biaya, sebagai bentuk dukungan Ditjen SDPPI dalam penyediaan komunikasi radio yang aman untuk keselamatan nelayan saat beraktivitas di laut. Di samping nelayan dan anak buah kapal yang berada di Bitung dan Manado, terdapat juga peserta dari Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan yang berada di Kepulauan Sangihe.

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM, DWP Kominfo Gelar Bazar Ramadan 2024

    Bazar Ramadhan DWP Kementerian Kominfo tersebut diikuti oleh perempuan pelaku UMKM makanan, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lain. Selengkapnya

    Apresiasi Aksi Baksos DWP, Sekjen Kominfo: Bukti Nyata Kebersamaan

    Sekjen Mira Tayyiba mengapresiasi dedikasi dan komitmen DWP Kementerian Kominfo yang telah ditunjukan dalam menggerakan kegiatan sosial dari Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA