FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 06-2020

    931

    Dirjen Aptika: Penyederhanaan Jadikan Birokrasi Lebih Dinamis

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam dalam acara "Pelantikan dan Pengangkatan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional" Ditjen Aptika yang berlangsung secara daring dari Ruang Sebaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (26/06/20). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan penyederhanaan birokrasi akan membuat organisasi birokrasi menjadi lebih dinamis.

    “Penyederhanaan ini adalah perintah yang harus dijalani sehingga kita harus menyesuaikan. Birokrasi nantinya akan menjadi lebih dinamis. Performa dan kerja sama menjadi kunci dalam bekerja,” ujarnya dalam dalam acara "Pelantikan dan Pengangkatan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional" Ditjen Aptika yang berlangsung secara daring dari Ruang Sebaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (26/06/20).

    Menurut Dirjen Semuel, peyederhanaan menjadi dua level struktural merupakan amanat yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat pelantikan pada 20 Oktober 2019. Jabatan administrator (eselon III) dan pengawas (eselon IV) akan dialihkan menjadi jabatan fungsional menurut keahlian dan kompetensi yang sesuai.

    “Penerima jabatan fungsional diibaratkan gigi mesin dari suatu proses. Apabila salah satu hilang atau tidak berfungsi akan menjadi tidak seimbang. Jadi harapannya, penerima jabatan fungsional dapat menjalankan tugas sesuai fungsinya dalam menjalankan birokrasi,” ungkapnya.


    Dirjen Aptika menyatakan, setelah pelantikan itu, akan diterapkan pola baru dalam pelaksanaan tugas dari struktural menjadi fungsional. “Pemberian kewenangan akan diterbitkan dan disesuaikan dengan tugas masing-masing penerima jabatan fungsional,” tandasnya.

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Surat Edaran Nomor 384 Tahun 2019 mendorong seluruh instansi pemerintah melaksanakan langkah-langkah strategis dan konkret untuk percepatan penyederhanaan birokrasi.

    Perampingan birokrasi tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah (agile), dan profesional dalam upaya peningkatan efektifitas dan efisiensi guna mendukung kinerja pemerintah kepada publik.

    Pelantikan tahap pertama ini dihadiri oleh 53 pegawai melalui aplikasi Zoom, diwakili oleh satu orang dari setiap direktorat secara fisik dengan mematuhi protokol physical distancing. Pelantikan tahap berikutnya akan diadakan mengikuti kelengkapan administrasi.

    Turut hadir dalam pelantikan tersebut, rohaniawan dari masing-masing agama, Sekretaris Ditjen Aptika Sadjan dan Direktur Tata Kelola Ditjen Aptika Mariam F. Barata. (pag/m)


    Berita Terkait

    Dirjen PPI: Digitalisasi Penyiaran Peluang Lahirkan Konten Kreator Baru

    Digitalisasi penyiaran meningkatkan kualitas siaran yang diharapkan dapat mempertahankan kepemirsaan televisi di tengah pesatnya perkembanga Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Pers Manfaatkan Transformasi Digital sebagai Peluang

    Kemajuan teknologi ini baru bisa dimanfaatkan jika insan pers memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan yang ada dengan menin Selengkapnya

    Dirjen IKP: ASO Berpotensi Tumbuhkan 232.000 Pekerjaan Baru

    Program ASO memiliki beragam manfaat yang akan dirasakan langsung masyarakat, salah satunya menumbuhkan 232.000 pekerjaan baru. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Bangun Persamaan Persepsi Lintas Humas Pemerintahan

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong mengajak pejabat humas pemerintah ikut serta menggaungkan Presidensi G20 Indonesia yang berlan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA