FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 06-2020

    70

    Dirjen Aptika: Penyederhanaan Jadikan Birokrasi Lebih Dinamis

    Kategori Berita Kementerian | mth
    Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam dalam acara "Pelantikan dan Pengangkatan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional" Ditjen Aptika yang berlangsung secara daring dari Ruang Sebaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (26/06/20). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan penyederhanaan birokrasi akan membuat organisasi birokrasi menjadi lebih dinamis.

    “Penyederhanaan ini adalah perintah yang harus dijalani sehingga kita harus menyesuaikan. Birokrasi nantinya akan menjadi lebih dinamis. Performa dan kerja sama menjadi kunci dalam bekerja,” ujarnya dalam dalam acara "Pelantikan dan Pengangkatan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional" Ditjen Aptika yang berlangsung secara daring dari Ruang Sebaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (26/06/20).

    Menurut Dirjen Semuel, peyederhanaan menjadi dua level struktural merupakan amanat yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat pelantikan pada 20 Oktober 2019. Jabatan administrator (eselon III) dan pengawas (eselon IV) akan dialihkan menjadi jabatan fungsional menurut keahlian dan kompetensi yang sesuai.

    “Penerima jabatan fungsional diibaratkan gigi mesin dari suatu proses. Apabila salah satu hilang atau tidak berfungsi akan menjadi tidak seimbang. Jadi harapannya, penerima jabatan fungsional dapat menjalankan tugas sesuai fungsinya dalam menjalankan birokrasi,” ungkapnya.


    Dirjen Aptika menyatakan, setelah pelantikan itu, akan diterapkan pola baru dalam pelaksanaan tugas dari struktural menjadi fungsional. “Pemberian kewenangan akan diterbitkan dan disesuaikan dengan tugas masing-masing penerima jabatan fungsional,” tandasnya.

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Surat Edaran Nomor 384 Tahun 2019 mendorong seluruh instansi pemerintah melaksanakan langkah-langkah strategis dan konkret untuk percepatan penyederhanaan birokrasi.

    Perampingan birokrasi tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah (agile), dan profesional dalam upaya peningkatan efektifitas dan efisiensi guna mendukung kinerja pemerintah kepada publik.

    Pelantikan tahap pertama ini dihadiri oleh 53 pegawai melalui aplikasi Zoom, diwakili oleh satu orang dari setiap direktorat secara fisik dengan mematuhi protokol physical distancing. Pelantikan tahap berikutnya akan diadakan mengikuti kelengkapan administrasi.

    Turut hadir dalam pelantikan tersebut, rohaniawan dari masing-masing agama, Sekretaris Ditjen Aptika Sadjan dan Direktur Tata Kelola Ditjen Aptika Mariam F. Barata. (pag/m)


    Berita Terkait

    Disinformasi! Pembagian Tanaman Gratis dari Pemerintah

    Beredar kabar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membagikan bibit tanaman gratis. Konon, masyarakat baik perorangan maupun ke Selengkapnya

    Digitalisasi Penyiaran, Upaya Kominfo Jaga Koeksistensi Pertelevisian

    Pemerintah menodorong digitalisasi penyiaran untuk menjaga koeksistensi industri penyiaran di Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika Selengkapnya

    Dirjen Aptika: Lindungi Data Pribadi, Fintech Ilegal Harus Diberantas

    Aplikasi financial technology (fintech) ilegal menjadi salah satu sumber kebocoran data pribadi. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Keme Selengkapnya

    Dirjen SDPPI: Perubahan Jabatan Percepat Birokrasi dan Proses Bisnis Baru

    Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail menyatakan perubahan jabata Selengkapnya