FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 06-2020

    138

    Dirjen Aptika: Perlu Kesadaran Bersama akan Pelindungan Data Pribadi

    Kategori Berita Kementerian | Irso

    Jakarta, Kominfo – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan, tantangan yang dihadapi oleh semua sektor berkaitan dengan pelindungan data pribadi adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya melindungi data pribadi. Oleh karena itu, Dirjen Semuel mendorong agar semua pihak membangun kesadaran bersama.

    “Tantangan terkait perlindungan data pribadi ada di semua sektor, tapi khususnya hari ini kita bicara di sektor kesehatan, pasti tantangannya adalah kebocoran data pribadi pasien karena adanya celah di keamanan,” tutur Dirjen Aptika pada Webinar Perlindungan Data Pribadi di Sektor Kesehatan oleh ICSF, dari Jakarta, Jum’at (26/06/2020).

    Dirjen Semuel menjelaskan bahwa, kurangnya kesadaran untuk melindungi data pribadi di sektor kesehatan yakni terkait data spesifik dan data sensitif. Dua aspek ini yang kemudian diperlukan pentingnya kesadaran.

    “Kesadaran ini harus ditumbuhkan, baik yang pemilik data maupun yang mengendalikan data, ini memang masih dirasakan kepincangan di Indonesia,” ujarnya.

    Guna menumbuhkan kesadaran bersama, maka hal tersebut perlu disuarakan bersama untuk melakukan literasi kepada pemilik data maupun terhadap orang yang mengendalikannya.

    “Karena kalau kita bicara pengendalian data atau perlindungan data pribadi, itu ada tiga komponen yaitu pemilik data, pengendali data dan pemroses data,” jelas Dirjen Semuel.

    Pemilik data adalah pasien itu sendiri, sedangkan pengendali data dari pihak Rumah Sakit, Dinas Kesehatan maupun pihak-pihak lain yang berwenang atas nama pengendali.

    “Kadang-kadang kan dinas ataupun Rumah Sakit tidak punya fasilitas, dia menitipkan diproses di Cloud namanya. Cloud itu juga ada aturannya pada saat dia mengolah itu, bagaimana itu ada aturannya. Jadi ini ada tiga subjek yang ada dalam perlindungan data pribadi,” imbuh Dirjen Aptika.

    Berita Terkait

    Digital Melayani, Pemerintah Kembangkan Platform Digital Berbasis Cloud

    Pengembangan platform digital pemerintah telah berlangsung sejak tahun 2000-an. Seiring dengan percepatan digitalisasi dengan digital melaya Selengkapnya

    Dampak Pandemi, Masyarakat Makin Cerdas Gunakan Platform Digital

    Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menilai masyarakat semakin cerdas menggunakan platform digital di tengah pandem Selengkapnya

    Dirjen Aptika: Lindungi Data Pribadi, Fintech Ilegal Harus Diberantas

    Aplikasi financial technology (fintech) ilegal menjadi salah satu sumber kebocoran data pribadi. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Keme Selengkapnya

    Menkominfo: AMEL Perbaiki Tata Kelola Pengadaan Barjas Pemerintah

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bersama dengan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Roni Dwi Selengkapnya