FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 06-2020

    229

    Anggaran Darurat Covid-19 Dinikmati Konglomerat? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kementerian | doni003

    Jakarta, Kominfo - Sebuah unggahan foto yang merupakan tangkapan layar artikel berita beredar di media sosial Facebook dengan judul "Gila!!! 80% Dari Rp 677,2 triliun Anggaran Darurat Covid Dinikmati Konglomerat".

    Dalam konten medsos tersebut disebutkan pula Menteri keuangan Sri Mulyani memproyeksi dana penanganan penyebaran Virus Corona dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melonjak hingga Rp 905,1 triliun.

    Hasil penelusuran fakta Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika dan ditemukan bahwa klaim 80 persen dana darurat Covid-19 dinikmati konglomerat adalah salah.

    “Alokasi terbesar anggaran darurat Covid-19 untuk jaminan perlindungan sosial (JPS) sebesar Rp203,9 triliun dari total anggaran Rp695,2 triliun,” sebaagimana dilansir dari medcom.id.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meluruskan kabar yang menyebut biaya penanganan Covid-19 di Indonesia melonjak hingga Rp905,2 triliun.

    “Penyesuaian biaya penanganan Covid-19 tetap Rp695,2 triliun. Informasi ini termasuk kategori hoaks jenis Misleading content (konten menyesatkan)," tegas Sri Mulyani.

    Berikut daftar lengkap hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi TIM AIS Kementerian Kominfo, Minggu (28/06/2020):

    1. Bill Gates akan Meluncurkan Kapsul Implan Manusia untuk Melawan Virus Corona
    2. Surat panggilan Interview PT Pertamina pada Tanggal 6 Juli 2020
    3. Ternyata Timsesnya Anies PKI
    4. 80 Persen Anggaran Darurat Covid-19 Dinikmati Konglomerat
    5. Terlalu Lama Menangis Sebabkan Bintitan pada Mata
    6. Informasi Cetak Kartu Baru UTBK 29 Juni 2020
    7. Rekrutmen PT PLN Bagi Pelamar SMA/Sederajat/S1 Waktu Pendaftaran Sampai 5 Juli 2020
    8. Survei Masyarakat untuk Publikasi Data BNPT
    9. Rezim Jokowi Menggasak Dana Haji
    10. Pulau Ayam Dijual Online

    Berita Terkait

    Wisma Atlet Mencekam, Ruangan Penuh Pasien Covid-19? Itu Disinformasi!

    Baru-baru ini beredar sebuah foto yang memperlihatkan tampak luar Wisma Atlet pada malam hari. Semua lampu di kamar-kamar Wisma Atlet menyal Selengkapnya

    Tes Menahan Napas Analisa Covid-19? Itu Hoaks!

    Beredar di media sosial Facebook sebuah video yang memperlihatkan uji coba apakah Virus Corona ada atau tidak di tubuh seseorang melalui te Selengkapnya

    Akronim Inisial Wali Songo jadi Asal Nama Indonesia, Itu Hoaks!

    Sebuah tulisan panjang yang berisi klaim nama Indonesia berasal dari akronim inisial para Wali Songo. Informasi itu beredar di media sosial Selengkapnya

    BRI Beri Bantuan Covid-19? Hati-hati Hoaks!

    Beredar informasi dalam bentuk selebaran mengenai pemberian bantuan bagi masyarakat yang terkena dampak Covid-19 mengatasnamakan PT. Bank Ra Selengkapnya