FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 06-2020

    93

    [DISINFORMASI] Maklumat TNI untuk Rakyat Indonesia

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar postingan di media sosial Facebook berisi sebuah tulisan yang berjudul "Maklumat TNI Untuk Rakyat Indonesia." Tulisan itu diklaim bersumber dari Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal TNI Sisriadi. Di bagian awal, terdapat narasi bahwa mahasiswa bisa meminta didampingi oleh Komando Daerah Militer (Kodam) saat menggelar demonstrasi.

    Faktanya berdasarkan penelusuran, klaim dalam gambar tentang Kapuspen TNI Mayor Jenderal TNI Sisriadi menyebut bahwa mahasiswa bisa meminta didampingi Kodam saat berdemonstrasi adalah menyesatkan. Pernyataan Sisriadi itu diucapkan dalam konteks adanya permintaan pendampingan dari demonstran yang mengaku sebagai mahasiswa dari sejumlah universitas di Bandung dan Jakarta yang berkumpul di dekat Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Sisriadi merespon permintaan itu dengan mengatakan bahwa pendampingan mahasiswa dalam berdemonstrasi dilakukan di level Kodam dan hanya jika dalam kondisi dibutuhkan oleh Polri.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/854/fakta-atau-hoaks-benarkah-kapuspen-tni-sebut-mahasiswa-bisa-minta-didampingi-kodam-saat-demo

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Mendikbud Tiadakan Pembelajaran Tatap Muka Setelah Pandemi Covid-19

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Jackie Chan Menawarkan Bantuan Uang Tunai kepada Korban Covid-19

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Krisdayanti Meninggal Dunia

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Ketua KPU dan Bawaslu Bertemu Megawati untuk Mencuri Suara Pilpres

    Selengkapnya