FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 06-2020

    1241

    Menteri Kominfo: Percepatan Digitaliasi Jadi Fokus 2021

    Kategori Sorotan Media | meit001
    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Senin (22/6/2020) - (Bisnis - Dedi Gunawan)

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memaparkan percepatan digitalisasi nasional akan menjadi fokus dari rencana kerja dan anggaran pada 2021.

    Dalam rapat pertama kali yang dilakukan secara langsung saat pandemi Covid-19, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate juga membahas beberapa isu aktual bidang komunikasi dan Informatika.

    “Saya beserta jajaran Kementerian Kominfo akan menjelaskan beberapa hal sesuai dengan agenda rapat hari ini yaitu Rencana Kerja dan Anggaran dan Rencana Kerja Pemerintah TA [tahun anggaran] 2021 Kemkominfo dan beberapa isu aktual terkait komunikasi dan informatika,” jelasnya dalam rapat kerja Komisi I DPR-RI di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (22/06/2020).

    Johnny memaparkan mengenai kebijakan dan program strategis Kementerian Kominfo terkait penerapan era new normal, evaluasi penggunaan aplikasi tracing, tracking, fencing Covid-19, dan persiapan pihaknya dalam terkait Pilkada Serentak Desember 2020.

    Adapun, dia menyampaikan bahwa dalam pagu indikatif RKA/RKP Kemenkominfo TA 2021 itu juga termasuk pagu indikatif RKA/RKP Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat sebesar Rp59,172 miliar, Komisi Informasi (KI) Pusat sebesar Rp34,389 miliar, dan Dewan Pers sebesar Rp35,614 miliar.

    Selain itu, dia melanjutkan bahwa Komisi I pun mendukung peningkatan kebutuhan anggaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sesuai usulan sebesar Rp16,8 triliun.

    "Komisi I DPR RI mendukung peningkatan kebutuhan anggaran Kemenkominfo sesuai usulan kebutuhan anggaran tambahan Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp16,8 triliun dari total kebutuhan anggaran Kemenkominfo TA 2021 sebesar Rp22,5 triliun," paparnya.

    Dia mengatakan anggaran tersebut akan digunakan untuk percepatan digitalisasi nasional yang mencakup antara lain percepatan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

     

    Sumber: Bisnis.com
    Pewarta: Akbar Evandio

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA