FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 06-2020

    277

    Jumlah Pengguna PeduliLindungi Tembus 5% Pengguna Smartphone Indonesia

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate memaparkan jumlah pengguna aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi yang digunakan untuk pencegahan sekaligus alert-system guna menghentikan penyebaran Covid-19 memiliki penetrasi adopsi sebesar 5%.

    "Total pengguna aplikasi PeduliLindungi adalah 4.025.861 jiwa atau sekitar 5% dari total pengguna smartphone Indonesia. Target pengguna adalah 25% dari total pengguna smartphone di Indonesia, yakni sebanyak 78 juta pengguna," jelasnya.

    Menkominfo memaparkan saat ini rating aplikasi PeduliLindungi adalah 4,4; baik yang termasuk dalam kategori disukai oleh pengguna.

    "Jika dibandingkan dengan beberapa negara lain yang memiliki aplikasi sejenis dengan teknologi serupa, aplikasi PeduliLindungi memiliki rating yang cukup baik dan disukai oleh user," paparnya.

    Selain PeduliLindungi, bersama pemangku kepentingan, Kemenkominfo memberikan layanan diseminasi informasi Covid-19 melalui chatbot berbasis WhatsApp melalui nomor 0813-3339-9000. Saat ini total pengguna chatbot WA sebanyak 2.644.163 pengguna.

    Bersama Kementeran BUMN, Kemenkominfo bekerja sama dengan Kementerian BUMN memfasilitasi SMS blast harian oleh operator seluler untuk diseminasi informasi terkait Covid-19. Total SMS terkirim sampai dengan 31 Mei 2020 sebanyak 2,052 miliar SMS.

    Berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020, Kemenkominfo melakukan edukasi terhadap masyarakat. Menkominfo menilai sosialiasi dan edukasi perlu dilakukan untuk mencegah peredaran informasi tidak benar yang mudah memecah belah bangsa.

    "Sosialisasi akan dilakukan dengan berbagai bentuk dan menyesuaikan dengan karakteristik masyarakat, baik melalui forum tatap muka hingga diseminasi informasi konten di media sosial. Tujuan sosialiasi untuk menjaga kualitas demokrasi yang substansial; meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2020 hingga 77,5% dan mewujudkan Pilkada yang sukses dan aman dari Covid-19," paparnya.

     

    Sumber: wartaekonomi.co.id
    Pewarta: Bernadinus Adi Pramudita
    E
    ditor: Rosmayanti

    Berita Terkait

    Menkominfo Harap Layanan Telemedisin Tembus ke Wilayah 3T di Indonesia

    Pemerintah terus berupaya mencari terobosan penanganan Covid-19 (virus Corona) yang efektif. Salah satunya melalui pengembangan solusi keseh Selengkapnya

    Penggunaan Aplikasi Telekonferensi Naik 443 Persen Sejak Pandemi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat penggunaan aplikasi telekonferensi naik pesat hingga 443 persen sejak pandemi viru Selengkapnya

    Di WEF 2020, Menkominfo Pamerkan Pesatnya Perkembangan Startup Indonesia

    KOMPAS.com – Indonesia merupakan tanah yang subur untuk pertumbuhan startup. Terbukti Indonesia menduduki posisi lima dunia dengan 2.193 s Selengkapnya

    Peran Penting IoT untuk Industri dan Pemerintah Indonesia

    Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) Teguh Prasetya menilai peran Internet of Things (IoT) sangat penting untuk industri dan juga peme Selengkapnya