FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 06-2020

    1260

    Menkominfo Resmikan Pembangunan Layanan Akses Internet di Woloklibang

    Kategori Sorotan Media | Viska
    Menkominfo Johnny G Plate meninjau sekaligus meresmikan beberapa titik utilisasi akses internet di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (Foto:Dok.Kemkominfo)

    Flores Timur: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meninjau sekaligus meresmikan beberapa titik utilisasi akses internet di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.
     
    Layanan akses internet yang diresmikan Menkominfo ini digelar oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemkominfo, di Puskesmas Demon Pagong Larantuka, SMPN 1 Adonara Tengah, dan Kantor Desa Woloklibang.
     
    Pada kesempatan itu, Johnny beraudiensi dengan masyarakat Woloklibang dan juga melakukan konferensi video dengan murid dan guru SMAK St, Kepala Desa Lamambi, dan Puskesmas Lato.
    "Penggelaran layanan di lokasi yang susah dijangkau ini didorong oleh misi Kemkominfo untuk mendukung adaptasi kebiasaan baru secara merata ke seluruh negeri. Sektor komunikasi dan informatika merupakan salah satu sektor yang dalam masa pandemi ini justru harus bekerja lebih keras, memastikan bahwa produktivitas masyarakat selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini tetap terjaga," ujar Johhny, dikutip keterangan tertulis, Jumat, 26 Juni 2020.
     
    Melalui pemanfaatan teknologi telekomunikasi dan informasi digital, masyarakat diharapkan tetap dapat melangsungkan aktivitasnya dengan lancar.
     
    "Oleh sebab itu, Kemkominfo melalui BAKTI tak berhenti dalam menggelar pembangunan layanan dan perawatanjaringan telekomunikasi dan informasi di seluruh pelosok negeri. Selain instansi pendidikan dan pusat-pusat kesehatan, Kemkominfo juga menyediakan internet untuk kantor-kantor desa seperti di Woloklibang ini, dengan harapan akan tercipta layanan pemerintahan yang lebih cepat, efisien, dan akurat," ujarnya.
     
    Pembangunan layanan akses internet oleh BAKTI Kemkominfo mendapat pujian dari Bupati Flores Timur Antonius Hadjon. BAKTI telah membangun lima BTS dan 38 lokasi akses internet di sekolah, puskesmas, kantor desa, kantor layanan publik, dan lokasi wisata.
     
    "Kami berharap dengan kerja sama ini, kami bisa menuntaskan seperempat wilayah Flores Timur lainnya, yang karena medan topografis yang sulit, terpaksa belum terjangkau sinyal seluler hingga saat ini,” kata Antonius Hadjon.
     
    Menkominfo Resmikan Pembangunan Layanan Akses Internet di Woloklibang
     
    Hingga Juni 2020, akses internet yang dibangun BAKTI telah menjangkau lebih dari 7.764 lokasi di seluruh Indonesia dan masih akan terus bertambah. Untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terdapat 133 lokasi BTS dan 753 lokasi akses internet (AI) yang telah dibangun oleh BAKTI Kemkominfo.
     
    Bagi BAKTI Kemkominfo, pembangunan layanan akses internet dilakukan dengan pendekatan Indonesia Connect untuk mendorong setiap lapisan masyarakat dapat terlayani oleh pembangunan jaringan TIK. Lalu, memanfaatkan hasil pembangunan TIK untuk peningkatan produktivitas serta kesejahteraan mereka.
     
    Pandemi covid-19 semakin mengakselerasi terciptanya tatanan baru masyarakat, yaitu masyarakat digital yang mengharuskan masyarakat untuk belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah di rumah, sehingga memerlukan kanal telekomunikasi yang memadai.
     
    BAKTI Kemkominfo juga mengapresiasi peran Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur yang berperan aktif dalam mengusulkan lembaga-lembaga dan desa akses internet dan BTS (Sinyal BAKTI) sebagai bentuk kepedulian atas hak akses atas informasi bagi seluruh penduduk NTT.
     
    Kerja sama erat dengan Pemprov dan Pemda selama ini telah membantu BAKTI dalam memastikan bahwa penyediaan akses internet dan BTS tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.
    Sumber: Medcom.id
    Pewarta: Gervin Nathaniel Purba

    Berita Terkait

    BAKTI tuntaskan penyediaan akses internet bagi 3.126 Puskesmas dan rumah sakit

    Badan Aksesibiitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) menuntaskan program penyediaan akses internet bagi 3.126 Puskesmas dan rumah sakit s Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Kominfo Perbaharui Aplikasi PeduliLindungi Guna Penguatan Layanan Telemedis di Masa COVID-19

    Dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, layanan telemedis atau layanan kesehatan daring menjadi salah satu upaya yang tengah digala Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA