FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 07-2020

    1193

    Balmon Banjarmasin Tangani Interferensi dengan Audit Perangkat

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Banjarmasin, Kominfo – Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banjarmasin Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelesaikan gangguan atau interferensi  frekuensi radio microwave link 8118.32 MHz, Site 172525_Sekapuk ke 172481_Sungai Danau, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

    “Tim Monitoring Balmon Banjarmasin selesai menangani interferensi yang sempat mempengaruhi performa dari parameter teknis PT Hutchison 3 Indonesia. Saat ini sudah normal kembali,” kata Kepala Balmon Kelas II Banjarmasin, Mujiyo di Banjarmasin, Rabu (8/7/2020).

    Menurut Mujiyo, penanganan interferensi dilakukan dengan audit perangkat atau hardware. “Berdasarkan monitor dan hasil ukur spectrum analyzer, tidak termonitor adanya spektrum frekuensi yang menggangu. Selain itu, setelah setting hardware, site yang tadinya terganggu mengalami perbaikan performa RSL menjadi normal,” jelasnya.

    Setelah menerima surat permohonan penanggulangan interferensi di lapangan, Tim Balmon Kelas II Banjarmasin melakukan pemantauan. Tim dipimpin Hendy Herdiana dengan anggota Henrian Robby, Miwan E Wicaksono, Wahyu Pamungkas dan Bahrunsyah. 

    "Mereka harus ke lapangan menangani gangguan microwave link di tengah Pandemi Covid-19. Mengingat lokasi terjadinya gangguan masih belum masuk Zona Hijau, maka tim dalam melaksanakan tugas di lapangan diwajibkan mematuhi Protokol Kesehatan,” papar Mujiyo.

    Menurut Kepala Balmon Kelas II Banjarmasin, awalnya tim mengukur penggunaan frekuensi dan lebar pita pada site-site di radius 10 Km sekitar site terganggu dan sepanjang jalur lintasan MW link yang dilalui site milik H3I. "Hal ini untuk memastikan frekuensi radio terganggu sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditetapkan dalam ISR," tegasnya.

    Hasil pengukuran tim menunjukkan sesuai ISR tidak nampak gangguan pada frekuensi radio. Pada pengukuran berikutnya, terlihat frekuensi MW Link Site 172525_Sekapuk berbatasan langsung dengan channel frekuensi link lain yang juga milik PT H3I. "Setelah diamati secara khusus, tetap tidak nampak adanya gangguan pada spektrum tersebut," cerita Mujiyo.

    Mujiyo menuturkan untuk memastikan spektrum frekuensi pada 8.118,32 MHz benar-benar bersih, selanjutnya tim melakukan  maka hardware perlu dimatikan. "Mematikan hardware link ini sekaligus sebagai proses pemeriksaan frekuensi On the Air pada site-site dalam radius kurang lebih 10 Km di sekitar site terganggu dan sepanjang jalur yang dilalui," jelasnya.

    Tindakan sama juga dilakukan pada site 172481_Sungai Danau. Hasil pengamatan awal, tidak terlihat adanya anomali ataupun interferensi. Tim kemudian memastikan kondisi onsite bersih dan melakukan pengukuran kembali dalam radius kurang lebih 10 Km di sekitar site terganggu dan sepanjang jalur yang dilalui oleh MW Link. "Hal ini dilakukan untuk memastikan frekuensinya benar-benar clear," tuturnya.

    Hasil kerja tim menemukan terdapat site yang menggunakan frekuensi sama dengan site diamati. "Tapi, keduanya dilengkapi ISR. Berdasarkan hasil ukur spectrum analyzer menujukkan bandwidth dan frekuensi H3I dan XL sesuai dengan perizinan ISR masing-masing,” katanya.

    Menurut Mujiyo, dokus Tim Balmon Banjarmasin selanjutnya mengarah pada kondisi site dan perangkat yang digunakan oleh PT H3I. Hasil kerja tim menyarakan audit hardware bagi perangkat seluler PT H3I. "Berikutnya, pihak PT H3I mengganti port (swap) dan slot subbase-band board frekuensi terganggu 8118.32 MHz di Site Sekapuk, ditukar ke slot subbase-band board frekuensi 8088.67 MHz. Hasilnya, tidak ada lagi interferensi pada frekuensi 8118.32 MHz," tutur Mujiyo.

    Berita Terkait

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    Kominfo Ajak Kolaborasi Ciptakan Inovasi Kota Cerdas

    Kementerian Kominfo membangun sebuah sebuah starting point atau titik pijak agar pemerintah daerah bisa mewujudukan Kota Cerdas lebih cepat. Selengkapnya

    Plt Menkominfo: Bangun Semangat Kebangsaan, Terapkan Nilai Persatuan

    Plt Menkominfo Mahfud MD mengajak seluruh elemen bangsa untuk memaknai kebangkitan nasional dengan berjuang bersama menerapkan nilai persatu Selengkapnya

    Kominfo Apresiasi Komunikasi Publik Kementan Tangani Penyakit Hewan

    Ada dua hal yang membuat Kementan berhasil menangani penyakit PMK secara cepat. Pertama kompetensi penanganan di lapangan yang mumpuni dan k Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA