FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 07-2020

    2209

    Wujudkan Transformasi Digital, Kominfo Gencar Kembangkan Infrastruktur

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Jakarta -  Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut bahwa pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak negatif pada perkembangan perekonomian di Indonesia, khususnya UMKM, melainkan ada sisi lain yang berkaitan dengan komitmen pemerintah untuk mewujudkan transformasi digital di Indonesia.

    "Sisi lainnya adalah COVID-19 mendorong akselerasi transformasi digital masuk era baru, era digital society, tentu infrastruktur IT (Information Technology) menjadi pendukung yang utama," ujar Johnny melalui Live Streaming HUT ke-74 BNI bertajuk 'Energy for Rising Up' yang disiarkan oleh detikcom.

    Johnny mengaku, pihaknya terus berupaya mengembangkan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan transformasi digital di sektor perekonomian. Mulai dari pengembangan jaringan broadband hingga pemasangan jaringan kabel atau fiber optik yang tersebar di seluruh Indonesia.Seperti diketahui bahwa pada masa pandemi ini, banyak sekali UMKM yang sebelumnya beraktivitas secara konvensional (berjualan langsung/offline) kini beralih memanfaatkan platform digital untuk melanjutkan keberlangsungan usahanya.

    Selain infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM) juga sangat penting dikembangkan guna mengelola infrastruktur IT yang dikembangkan. Menurutnya, untuk mendukung transformasi digital, Indonesia setidaknya hingga tahun 2035 membutuhkan 9 juta talenta digital yang berijazah SMK/Sarjana untuk bersama-sama membangun ekosistem digital.

    Tidak hanya infrastruktur dan SDM yang dikembangkan, Johnny juga mengingatkan masyarakat agar menggunakan fasilitas yang sudah ada dengan bijak. Sebab, melalui operasi cyber yang dilakukan Kominfo, ditemukan banyak sekali hoax di media sosial yang berdampak pada perkembangan UMKM. Namun seluruhya telah di-takedown dengan bekerja sama bersama pihak-pihak yang berkepentingan.

    "Transformasi digital itu punya prasyarat. Prasyaratnya itu apa? Ruang digital kita, kita gunakan secara cerdas. Ruang digital kita, kita gunakan secara bermanfaat. Ruang digital kita, kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, bagi bangsa, bagi negara," paparnya.


    "Kami punya komitmen yang sangat tinggi untuk bagaimana kita bisa membangun UMKM. Pada saat pandemi ini ternyata yang paling berdampak paling besar di sisi UMKM, artinya mereka mungkin menjadi tidak produktif karena banyak sekali kegiatan yang tutup, toko yang tutup, PSBB tidak ada lagi interaksi," ujar Corina.Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies menyebut pihaknya turut mendukung upaya pemerintah untuk membantu pelaku UMKM yang terdampak pandemi agar dapat bertahan sekaligus mewujudkan transformasi digital ke depannya.

    Corina memaparkan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di era new normal, BNI menghadirkan beberapa inovasi dan solusi untuk nasabah seperti transaksi tanpa menyentuh tombol EDC untuk kartu kredit dan TopCash, transaksi bisa dilakukan melalui platform WhatsApp, transaksi hanya dengan menunjukkan QR (CPM) yang ada di BNI Mobile Banking, dan transaksi di marketplace unicon (Tokopedia, Bukalapak, dll) menggunakan Debit/Credit BNI.

    Selain memberikan fitur dan layanan yang memungkinkan nasabah bertransaksi dari mana saja sekaligus mendukung transformasi digital, Corina menyebut bahwa pada saat pandemi ini, BNI juga melakukan berbagai upaya untuk mengedukasi para nasabahnya yang belum terbiasa menggunakan fasilitas digital.

    "Kita menghubungi seluruh merchant kami untuk kami lakukan pendataan apakah mereka masih produksi, tokonya buka, kemudian kegiatannya seperti apa. Ini yang kami bantu dengan link payment, kita buatkan payment gatewaynya, kita buatkan linknya, EDC, kemudian buatkan cara bertransaksi, termasuk marketingnya," lanjut Corina.

    Tentunya pandemi tidak menghalangi kita semua untuk meningkatkan kapabilitas dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman melalui cara yang aman. Untuk itulah BNI mempersembahkan Live Streaming Uniting Energy for Indonesia in New Normal yang dapat disaksikan oleh siapapun dari tempatnya berada.Adapun bentuk bantuan yang diberikan adalah membantu UMKM BNI melalui pembiayaan dan pelatihan webinar, membantu UMKM BNI go digital melalui e-commerce/fintech & menyiapkan sarana pembayaran melalui payment gateway, payment link, EDC, dan lainnya.

    Tajuk dari Live Streaming tersebut senada dengan tema HUT ke-74 BNI 'Satukan Energi untuk Indonesia di Era New Normal'. Tema tersebut menyiratkan makna bahwa kita semua perlu bekerja lebih optimal dan efisien sehingga dapat memberikan energi kebaikan bagi orang lain.

    Berita Terkait

    Percepat Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

    Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian di banyak belahan dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untu Selengkapnya

    Targetkan Transformasi Digital dalam 3Tahun,Kominfo Gagas 5 Langkah

    Pandemi Covid-19 membuat transformasi digital menjadi keharusan. Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, Pemerintah bahkan berkomitmen memper Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA