FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 07-2020

    396

    Dirut BAKTI Kominfo Apresiasi Peningkatan Penjualan UMKM di Masa Pandemi

    Kategori Berita Kementerian | Irso
    Dirut BAKTI Kominfo Anang Latif dalam sesi tanya jawab pada Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia #KitaBelaKitaBeli di Ruang Serbaguna Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (16/07/2020). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Direktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) Anang Latif mengapresiasi upaya pelaku UMKM yang memanfaatkan platform digital dalam menjual produknya di masa pandemi Covid-19.

    “Saya tertarik ceritanya ibu Fitria yang seller-nya (penjualan) sehari tiba-tiba seribu, itu luar biasa kita senang mendengarnya," tutur Dirut BAKTI Kominfo dalam sesi tanya jawab pada Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia #KitaBelaKitaBeli di Ruang Serbaguna Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (16/07/2020).

    Fitria selaku pemilik usaha Juara Snack dari platform Lazada menceritakan peningkatan penjualan produknya dari 100 menjadi 1000 selama masa pandemi, di mana masyarakat yang menerapkan Work From Home banyak yang memesan produknya melalui platform digital.

    Menurut Dirut Anang, peningkatan penjualan tersebut tentunya berdampak positif bagi pelaku UMKM yang memanfaatkan teknologi digital dan ekosistem platform, seperti yang sudah dilakukan oleh Fitria.

    Dari sisi modal, Dirut Anang juga mengapresiasi cara mendapatkan modal ketika ada penjualan meningkat secara mendadak, apakah setiap pelaku UMKM mudah mendapatkan kredit mikro di masa sulit pandemi Covid-19 yang tentunya membutuhkan banyak modal. “Karena beberapa program pemerintah memang menyiapkan kredit atau pembiayaan kepada UMKM,” ujar Dirut BAKTI.

    Sebelumnya, Fitria bersama beberapa pelaku UMKM diberikan kesempatan untuk menjelaskan proses bisnis mereka selama masa pandemi Covid-19, “Ketika masa PSBB kemarin, ini kan banyak orang yang melakukan aktfitasnya di rumah aja dan yang mereka cari di market place itu adalah cemilan, jadi ini menjadi keberkahan sendiri buat kita,” kata Fitria.

    Semenjak bergabung di platform digital, Fitria menjelaskan pemesanan produknya naik pesat dari yang biasanya 100 orderan per hari meningkat menjadi 1000 orderan.

    Selain meningkatkan hasil penjualan, Fitria juga merasa bersyukur karena merekrut pekerja baru yang menurutnya cukup membantu masyarakat di sekitarnya dalam mencari pekerjaan, “Saking kita overload- nya kita jadi tambah tenaga freelance, kemarin itu kita jadi tambah 15 sampai 20 orang. Jadi Alhamdulillah banget di masa pandemi ini kita masih buka lapangan pekerjaan buat warga sekitar,” imbuhnya

    “Jadi ayo teman-teman UMKM bersama-sama kita bergabung di platform e-commerce dan ikut serta di dalam kampanye Bangga Buatan Indonesia,” ajak Fitria.

    Berita Terkait

    Menkominfo: Mari Pertahankan 4 Konsensus Bangsa di Bumi Nusantara

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dan pejabat pimpinan tinggi madya mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila s Selengkapnya

    Hadirkan Jaringan 4G, Kominfo Dukung Pengembangan Kawasan Mandalika

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan Pemerintah langsung menghadirkan akses telekomunikasi di jaringan 4G di lima k Selengkapnya

    Bangun Infrastruktur TIK, Kominfo Siapkan Bauran Pembiayaan

    Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini tengah menyusun skema bauran pembiayaan atau blended financing untuk menyelesaikan pembangun Selengkapnya

    Awas Disinformasi! Pegowes Meninggal di Banguntapan

    Sebuah video yang memuat informasi pegowes meninggal dunia telah diunggah pemilik akun di media sosial Twitter. Dalam video itu disebutkan p Selengkapnya