FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 07-2020

    972

    Thermo Gun Berbahaya bagi Manusia? Awas Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar konten media sosial berisikan informasi alat pengukur suhu tubuh thermo gun. Konon alat yang banyak digunakan saat pandemi Covid-19 itu dinilai berbahaya bagi otak atau tubuh manusia. Dijelaskan dalam konten itu, radiasi laser tersebut dapat merusak struktur otak.  Dalam narasi lain disebutkan thermo gun sebenarnya diperuntukan untuk mengukur suhu panas pada kabel dan bukan untuk manusia.

    Faktanya, klaim mengenai thermo gun atau termometer tembak berbahaya bagi tubuh adalah salah.  Menurut Spesialis Penyakit Dalam, dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH termometer yang digunakan di kening pada saat mengukur suhu tubuh tersebut aman digunakan dan telah lulus uji kesehatan.

     “Penggunaan termometer inframerah juga tidak berdampak pada sistem saraf dan retina manusia, karena Termometer inframerah tidak memancarkan radiasi seperti sinar-X,” tambah dokter Ari sebagaimana dilansir Cek Fakta Liputan6.com.

    Adapun klaim bahwa Thermo Gun hanya diperuntukan untuk suhu panas kabel dan alat manufaktur adalah tidak tepat, karena terdapat dua termometer yaitu termometer klinik atau yang diperuntukan untuk kepentingan medis. Ada juga termometer industri yang biasa digunakan untuk mengukur suhu benda atau alat-alat manufaktur, seperti panas air, mesin, AC atau pendingin ruangan, kolam renang, dan trafo.

    Berikut daftar lengkap hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi TIM AIS Kementerian Kominfo, Senin (20/07/2020):

    1. Pengukur Suhu Tubuh Thermo Gun Berbahaya Bagi Manusia
    2. Surat panggilan Interview PT Pertamina pada Tanggal 21 Juli 2020
    3. Foto Warga Tiongkok Memakai Seragam Brimob/Polisi
    4. Bayi Laki-Laki Ditemukan di Pinggir Jalan Kawasan Gubeng
    5. Penumpang Bus Rosalia Indah Meninggal Dunia Disebut karena Virus Corona
    6. IGD Rumah Sakit Zainoel Abidin Aceh Tutup
    7. Palestina Tidak Ada di Google Maps
    8. Foto Kereta Api Segitiga Tobleronistan
    9. Minuman Herbal Rumput Lidah Ular Dapat Membunuh Sel Kanker
    10. Demo Tolak RUU HIP pada 16 Juli Tidak Disiarkan di TV
    11. Gempa Jadi Penyebab Banjir Bandang di Luwu Utara

    Berita Terkait

    Beredar Beras Plastik di Malinau Kaltara? Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta yang dilansir dari cekfakta.tempo.co, belum ada hasil penel Selengkapnya

    Bantuan untuk Gaza Dibuang di Mesir? Awas Hoaks!

    Faktanya video tersebut tidak ada kaitannya dengan bantuan untuk Gaza. Selengkapnya

    Temuan Gudang Kotak Suara Ganda Makassar? Itu Hoaks!

    Klaim narasi yang menyatakan bahwa ditemukannya gudang kotak suara ganda di Kota Makassar untuk kecurangan Pemilu 2024 adalah keliru dan tid Selengkapnya

    KPU Ubah Format Debat Capres-Cawapres 2024? Awas Hoaks!

    Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan masing-masing pasangan calon memiliki kuota undangan 75 orang sehingga total tamu undangan sejumlah Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA