FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 07-2020

    857

    Kominfo Ajak Masyarakat Beli Produk UMKM Secara Daring

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membuat berbagai konten untuk mengajak masyakarat membeli produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Melalui berbagai platform dagang daring (e-Commerce) yang tengah berkembang saat ini.

    "Kami mendapat tugas untuk bisa membuat konten yang arahnya adalah merubah perilaku konsumen yaitu belanja buatan Indonesia ini melalui dunia maya," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo dalam Seminar Online #KitaBelaKitaBeli "Pemerintah Hadir untuk UMKM" dari Jakarta, Selasa (21/07/2020).

    Konten tersebut, lanjut Dirjen Widodo, akan disebarkan luaskan melalui berbagai kanal komunikasi daring yang dimiliki oleh Kementerian Kominfo secara masif. Sehingga, mampu mempengaruhi masyarakat di dunia maya dalam membeli berbagai produk hasil karya anak bangsa. "Kita glorifikasi dan amplifikasi dengan semua channel dimiliki. Kita ingin targetnya adalah merubah mindset masyarakat Indonesia," katanya.

    Tak hanya itu, pihaknya juga fokus membuat UMKM dalam negeri yang berjumlah 64,2 juta beralih ke digital. Saat ini, tercatat sekitar 9 juta UMKM yang menjadi binaan pemerintah telah beralih menggunakan dagang daring. Dirjen IKP menilai, dengan beralihnya para pelaku UMKM ke daring akan memperbesar peluang produknya dibeli masyarakat.

    Dirjen Widodo mengungkapkan  daya jangkau yang dimiliki oleh ruang digital sangat luas, sehingga mampu memberikan informasi masyarakat yang berada di berbagai pelosok dalam negeri. "Kami di Kominfo ini betul-betul punya tugas untuk bisa mengoptimalisasi berbagai konten dan pesan itu sampai kepada konsumen dan juga sampai kepada pelaku UMKM," imbuhnya.

    Menurut DIrjen IKP, langkah Kementerian Kominfo menyebarkan konten tersebut, merupakan bentuk dukungan terhadap para pelaku UMKM. Dalam meminimalisir dampak Covid-19 yang sangat berpengaruh terhadap roda perekonomian dalam negeri. Ia meyakini, upaya ini akan memperkuat UMKM dalam menghadapi dampak penyebaran virus tersebut. "Kita yakin UMKM itu adalah kekuatan struktur ekonomi yang sebetulnya paling kuat menghadapi krisis apapun," pungkasnya.

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    Beri Efek Jera, Kominfo Musnahkan Perangkat Hasil Penertiban

    Tindakan pemusnahan merupakan bagian dari upaya Kementerian Kominfo memberikan pemahaman yang seragam kepada pelaku usaha tentang arti penti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA