FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 07-2020

    1773

    Sekjen Kominfo Bicara Peluang Digitalisasi Lewat Budaya Digital

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo – Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti mengatakan  pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi perlu diimbangi dengan kegiatan yang produktif, misalnya dengan membuat karya berupa konten-konten kreatif.

    “Karena seperti kita ketahui bahwa digitalisasi itu bisa berdampak positif, tetapi juga bisa berdampak negatif,” ujar Sekjen Kementerian Kominfo Kominfo di acara IDCWEEK 2020 secara daring yang diselenggarakan Sobat Cyber Indonesia, dari Jakarta, Rabu (22/07/2020).

    Kepada peserta pelatihan Indonesia Digital Content Week 2020 (IDCWEEK), Sekjen Niken menjelaskan di tengah situasi pandemi Covid-19, ada peluang dan tantangan dalam perkembangan digital. Jika kaum milenial memanfaatkan ruang digital dengan baik tentunya akan menemukan banyak peluang.

    Sebagai contoh pada saat masyarakat dianjurkan melaksankan Work From Home atau bekerja, beajar dan beribadah di rumah, di mana digitalisasi menjadi semakin penting. 

    “Oleh karena itu, kita perlu cerdas di dalam memanfaatkan peluang dari digitalisasi ini, yaitu dengan semakin cepatnya bertumbuh budaya digital atau digital culture,” jelasnya

    Sekjen Kementerian Kominfo menyebut adanya dampak negatif digitalisasi saat pandemi Covid-19 ini. Menurutnya banyak bermunculan disinfodemic (disinformasi tentang pandemi). Berdasarkan hasil tracking hoaks dan disinformasi, Kementerian Kominfo menemukan banyak berita bohong tentang pandemi yang kemudian disebarkan.

    "Karena banyaknya orang yang ikut nge-share informasi-informasi yang negatif. Jadi hindari share apapun yang mengebohkan atau yang tidak jelas sumbernya, cek dulu kebenarannya, jadi jangan langsung dishare,” pesan Sekjen Niken.

    Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kementerian Kominfo mengapresiasi gerakan literasi digital yang diselenggarakan oleh kelompok masyarakat atau lembaga tertentu, seperti yang diselenggarakan oleh Sobat Cyber Indonesia dengan mengajak kaum milenial. 

    “Tentunya saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Sobat Cyber Indonesia yang selalu pro aktif menyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk literasi digital,” imbuhnya.

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA