FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 07-2020

    1929

    Tingkatkan Layanan Mutasi Kepegawaian, BKN Sosialisasikan Aplikasi DOCUDigital

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo -  Guna meningkatkan pelayanan publik dan percepatan reformasi birokrasi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui menggelar pelatihan teknis penggunaan aplikasi DOCUDigital BKN kepada instansi Pusat dan Daerah seluruh Indonesia melalui video conference. Pelatihan teknis berlangsung dua hari, yakni dari tanggal 22 s.d. 23 Juli 2020 sebagai bentuk sosialisasi untuk meningkatkan layanan mutasi kepegawaian, khusus layanan kepangkatan dan pensiun di masa pandemi COVID-19.

    “Hadirnya aplikasi DOCUDigital BKN ini merupakan bagian dari percepatan layanan kepegawaian, terutama di masa pandemi yang mengharuskan kita untuk meminimalisir bertemu kontak secara fisik,” ungkap Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto di Jakarta, Kamis (23/07/2020).

    Menurut Deputi Aris, pembangunan aplikasi itu juga didukung oleh Kedeputian Bidang Sistem Informasi Kepegawaian ASN (Sinka) BKN. “Layanan ini juga berbasis less paper dengan penggunaan tanda tangan digital ( Digital Signature),” tambahnya.

    DOCUDigital BKN merupakan aplikasi pendukung Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) BKN yang berfungsi sebagai media untuk mengunggah dokumen digital dalam proses pengusulan layanan kepegawaian, seperti Kenaikan Pangkat PNS dan Pensiun PNS/Pejabat Negara, sehingga proses pengiriman dokumen dilakukan lebih cepat dan efisien.

    Terdapat lima kelebihan dari aplikasi DOCUDigital BKN, antara lain: Dokumen usulan sudah terdigitalisasi sehingga mengurangi kemungkinan hilang/terselip, DOCUDigital BKN sudah tersingkronisasi dengan SAPK BKN, Alur aplikasi yang sederhana, proses dari penyelesaian berkas dapat diakses dan dimonitoring secara up to date, dan memberikan informasi pada notifikasi Whatsapp.

    DOCUDigital BKN merupakan aplikasi layanan mutasi kepegawaian terobosan dengan lakukan join development antara Kantor Regional XII BKN Pekanbaru dengan BKN Pusat melalui Kedeputian Bidang Sinka dan Kedeputian Bidang Mutasi Kepegawaian.

    BKN akan melakukan proses layanan melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung unggah dan unduh dokumen elektronik melalui https://docudigital.bkn.go.id. Untuk layanan Kenaikan Pangkat, penggunaan DOCUDigital BKN mulai periode 1 Oktober 2020. Sementara untuk layanan Pensiun PNS, Pejabat Negara, dan Janda Dudanya, mulai usul masuk 1 Agustus 2020.

    Berita Terkait

    Wapres Tekankan Literasi dan Pangsa Pasar Kunci Majukan Ekonomi Syariah

    Apabila literasi ekonomi dan keuangan syariah di tanah air terus didorong, akan berdampak pada besarnya penerimaan dan penerapan ekonomi dan Selengkapnya

    Kolaborasi Berdayakan Perempuan Pendiri Perusahaan Rintisan Digital

    Kolaborasi dengan ekosistem digital untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan perempuan pendiri perusahaan rintisan (start-up) di bidang Selengkapnya

    Percepat Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Wapres Luncurkan MPP Digital Nasional

    Data Badan Pusat Statistik (BPS) pun menunjukkan, sekitar 67 persen penduduk Indonesia sudah memiliki ponsel. Selengkapnya

    Tingkatkan Daya Saing Produk UMKM, Pemerintah Fasilitasi Standardisasi

    Standardisasi juga dapat digunakan sebagai instrumen untuk melindungi pasar domestik. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA