FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 07-2020

    447

    Tiga Upaya Kominfo Sukseskan Pilkada Serentak 2020

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan tiga hal penting untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

    Tiga hal itu antara lain menyebarkan informasi tentang pelaksanaan tata cara Pilkada, pentingnya penyelenggaraan Pilkada bagi daerah, dan menyampaikan literasi yang berkaitan dengan menjaga kesehatan di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

    "Kominfo dalam fungsinya sebagai komunikasi publik akan melakukan tiga hal, untuk menyukseskan Pilkada tahun ini," ujar Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum, Henri Subiakto dalam diskusi virtual ngobrol@tempo dengan tema Persiapan Pilkada di Masa Pandemi, dari Jakarta, Jumat (24/07/2020).

    Pertama, Kominfo akan melakukan penyebaran informasi kepada masyarakat luas di berbagai daerah terkait dengan mekanisme penyelenggaraan Pilkada. Maksudnya, memberikan informasi tentang tata cara yang benar dalam melakukan pemilihan calon kepala daerah.

    "Tugas kami yang biasa kami lakukan setiap Pilkada memberikan informasi terkait tata cara pemilihan (electoral information)," kata Henri.

    Kedua, pihaknya akan melakukan memberikan informasi kepada masyarakat luas betapa pentingnya berpartisipasi aktif dalam Pilkada. Dengan melakukan hal itu, masyarakat dapat memberikan sumbangsih dalam menciptakan suatu daerah menjadi lebih baik dari kepemimpinan kepala daerah terpilih.

    "Informasi yang kami berikan kepada masyarakat luas betapa pentingnya penyelenggaraan Pilkada," imbuhnya.

    Ketiga, melakukan penyebaran informasi kepada publik mengenai senantiasa menjaga kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak. Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah saat ini, dilakukan ketika merebaknya wabah Covid-19 di wilayah yang akan menyelenggarakan Pilkada.

    Dalam pesta demokrasi, keterlibatan masyarakat dalam kampanye para kandidat sangat erat. Disinilah peran Kominfo yang akan memberikan pemahaman kepada masyarakat secara masif agar terhindar dari Covid-19.

    "Literasi kesehatan dalam konteks supaya pilkadanya itu bisa berjalan aman dan tidak terjadi apenyebaran virus itu," pungkasnya.

    Berita Terkait

    Dukungan Kominfo untuk Lima DPSP

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa mengenai dukungan infrastruktur TIK untuk lima Destinasi Pariwisata Supe Selengkapnya

    Siapkan Dua Aplikasi Besar, Kominfo Targetkan Peningkatan IP-TIK

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan Peningkatan Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) atau ICT Devel Selengkapnya

    Dirjen SDPPI: Kominfo Fokus Manajemen Spektrum Frekuensi

    Pada tahun 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan fokus terhadap manajemen spektrum frekuensi. Direktur Jenderal Sumber Daya dan Selengkapnya

    Kominfo Optimistis Migrasi Penyiaran Digital Selesai Tahun 2022

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan penyelesaian migrasi siaran TV analog ke TV digital atau analog switch off (ASO) diselesa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA