FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 07-2020

    183

    Wapres: Jadikan Momen Idul Adha Untuk Berbagi Kebaikan dan Bantu Sesama Anak Bangsa

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengajak umat Islam untuk mengambil nilai ketauladanan Nabi Ibrahim bahwa untuk mencapai tujuan mulia dibutuhkan suatu pengorbanan.

    ”Saatnya kita umat Islam mengambil makna ketauladanan Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anak yang dicintainya. Di sini terdapat nilai ketauladanan bagi kita, bahwa untuk mencapai tujuan mulia dibutuhkan suatu pengorbanan,” pesan Wapres dalam rekaman video ucapan selamat Idul Adha 1441 Hijriah, Rabu (29/07/2020).

    Lebih lanjut, Wapres menuturkan bahwa Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 yang menyelimuti bangsa Indonesia, harus dijadikan momentum untuk memperbanyak amal ibadah dengan berbagi kebaikan dan membantu sesama anak bangsa.

    “Saat ini adalah kondisi yang tepat untuk melakukannya, karena banyak saudara sebangsa dan setanah air sangat membutuhkan uluran tangan kita,” imbaunya.

    Wapres menyakini bahwa seluruh amal ibadah dan pengorbanan yang dikeluarkan di momen Idul Adha ini dapat menunjang terciptanya kehidupan yang harmonis, baik antar sesama umat beragama maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

    “Semoga Hari Raya Idul Adha ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita serta menumbuhkan rasa kasih sayang dan kepekaan kita terhadap sesama, dalam rangka membangun kembali bangsa Indonesia yang maju, produktif, dan aman dari Covid-19,” do’anya. 

    Gerakan Teladan Bekurban Nasional

    Pada momentum berbeda, Menteri Agama Fachrul Razi bersama Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla hari ini mencanangkan Gerakan Teladan Berkurban Nasional 2020 dalam rangka menyambut Idul Adha 1441H. 

    Menteri Agama Fachrul Razi menyambut baik dan memberikan apresiasi atas Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional yang digagas DPP DMI dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Ahda 1141H.

    "Bangsa Indonesia adalah bangsa agamis. Dimana ibadah kurban sudah membumi sejak Islam hadir di nusantara ini. Ibadah kurban merupakan sebuah refleksi ketakwaan dan kesolehan sosial seorang muslim," kata Menag.

    Lokasi pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional 2020 digelar serentak secara daring dari tiga daerah yakni Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Sulawesi Selatan.

    Kabupaten Purbalingga menjadi satu-satunya kabupaten yang dipilih menjadi lokasi Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional 2020. Lokasi pencanangan berlangsung di Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga. 

    Dalam kesempatan tersebut, Menag juga menyampaikan selain sebagai ibadah yang sangat dianjurkan, kurban memiliki dampak dan manfaat yang sangat besar dari sisi peningkatan konsumsi daging halal dan penguatan ekonomi umat.

    Meski demikian lanjut Menag, tingkat konsumsi daging di Indonesia masih sangat rendah dibanding konsumsi daging per kapita di empat negara ASEAN yakni Malaysia, Piliphina, Thailand dan Vietnam.

    "Konsumsi daging masyarakat Indonesia rata-rata berkisar 2,6 kilogram perkapita, sementara negara lain sudah mencapai 4,5 kilogram per kapita," ujar Menag.

    Menag menambahkan merujuk hasil survei Indonesia Development and Islamic Studies menyebutkan potensi ekonomi kurban Indonesia pada 2019 mencapai 28,4 triliun atau setara dengan 181 ribu ton daging, dengan jumlah masyarakat yang ikut berkurban sebanyak 3,5 juta orang.

    Sementara pada tahun 2020 ditengah pandemi Covid-19 proyeksi potensi ekonomi kurban secara nasional mengalami penurunan dan diperkirakan mencapai 20,5 triliun yang dihitung dari 2,3 juta yang ikut kurban di Indonesia.

    "Potensi kurban yang relatif tinggi memerlukan pengelolaan yang secara terencana, terpola, amanah dan profesional agar melahirkan nilai tambah untuk kesejahteraan masyarakat serta sangat membantu pemberdayaan peternak lokal, swasembada daging halal dan mengurangi impor ternak di tanah air," kata Menag.

    Tampak mengikuti Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional 2020, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, CEO Buka Lapak Rochmat Kaimuddin dan Direktur Bank Syariah Mandiri Anton Sukarna.


    Berita Terkait

    Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Percepatan Transformasi Digital

    Pandemi dapat mengubah cara kerja, cara beraktivitas, cara belajar, hingga cara bertransaksi dari sebelumnya luar jaringan (luring) atau off Selengkapnya

    Maknai Iduladha di Tengah Pandemi sebagai Kepatuhan dan Pengorbanan

    “Peristiwa ini adalah merupakan contoh yang diteladankan seorang nabi. [Untuk terus mengamalkan tauladan tersebut], peristiwa ini kemudian Selengkapnya

    Bantu Pulihkan Perekonomian Daerah Melalui Pembiayaan dan Penempatan Dana di BPD

    Pemerintah akan melakukan langkah extraordinary untuk mendorong pemulihan ekonomi di kuartal ketiga dan keempat 2020. Belanja pemerintah sec Selengkapnya

    Presiden: Jadikan Penanganan Covid-19 sebagai Model Percepatan Pengurangan TBC

    Tuberkulosis merupakan salah satu dari sepuluh penyakit menular yang menyebabkan kematian terbanyak di dunia dan telah ditetapkan sejak lama Selengkapnya