FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 07-2020

    955

    Peringatan HAN 2020 Jadi Momentum Melindungi Anak dari Pandemi Covid-19

    Kategori Sorotan Media | Viska

    Liputan6.com, Jakarta - Sejak pandemi virus corona Covid-19 melanda, hampir semua masyarakat merasakan dampaknya, tak terkecuali anak-anak. Mereka dihadapkan pada perubahan pola hidup, namun hak-haknya sebagai anak tetap harus terpenuhi.

    Tahun ini, Indonesia merayakan Hari Anak Nasional (HAN) di tengah situasi pandemi Covid-19. Pemerintah mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan tagline “Anak Indonesia Gembira di Rumah”.

    “Optimisme anak-anak Indonesia harus tetap dijaga kendati dalam masa pandemi Covid-19. Mari kita ajak anak-anak memanfaatkan waktu untuk mengembangkan diri secara kreatif dengan hati yang gembira," ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Widodo Muktiyo dalam keterangan tertulis, Kamis (23/7/2020).

    Widodo mengatakan, pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia menjadikan anak-anak menjalani hidupnya dengan tidak mudah, terutama dalam proses belajar. Mereka tidak bisa pergi ke sekolah, bertemu teman-teman, guru, dan bermain di luar rumah untuk mencegah penularan Covid-19.

    Ia pun berpesan agar anak-anak Indonesia tetap semangat beradaptasi dengan kebiasaan baru akibat pandemi Covid-19, terutama dalam hal menerapkan protokol kesehatan.

    Lebih lanjut, Widodo berharap peringatan HAN 2020 dilakukan sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa melalui kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi.

    Oleh karena itu, seluruh kegiatan dalam rangkaian dan acara puncak HAN 2020 harus ditujukan untuk mewujudkan anak Indonesia gembira di rumah selama pandemi Covid-19.

    “Jadikan Peringatan HAN sebagai momentum membangun kekuatan untuk mewujudkan pemenuhan hak anak dan memberikan perlindungan bagi mereka. Stop kekerasan, perlakuan buruk, perundungan, dan eksploitasi pada anak. Semua anak adalah anak kita, melindungi mereka merupakan tanggung jawab kita bersama. Mari kita bangun semangat bersama, kita bersatu untuk melalui pandemi ini. Semuanya kita lakukan demi terwujudnya anak terlindungi, Indonesia maju,” tegas Widodo.

    Manfaatkan Teknologi Secara Positif 

    Selain itu, Widodo juga menghimbau orangtua agar memanfaatkan secara positif teknologi digital dalam membantu tumbuh kembang anak. Media digital bisa membantu membangun kreatifitas anak apabila dimanfaatkan dengan baik dan bisa membuat anak selalu bergembira meskipun berada di rumah selama pandemi.

    “Melalui momentum ini, kita ingin meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan dan memastikan anak-anak tetap di rumah dan bergembira selama masa pandemi Covid-19, dengan pemanfaatan media digital untuk belajar dan bergembira di rumah,” tutup Widodo.

    Reporter: Nafisyul Qodar
    Sumber: liputan6.com

    Berita Terkait

    Kominfo 2020, di tengah pandemi COVID-19

    Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Indonesia sejak pandemi virus corona melanda pada Maret lalu. Selengkapnya

    Hari Nusantara Jadi Momentum Akselerasi Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Pemilihan Serentak 2020, Kominfo Sosialisasi Pemilih Cerdas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah melaksanakan sosialisasi berkaitan dengan Pemilihan Serentak 2020. Selaras dengan agenda Komis Selengkapnya

    Tips dari Kominfo untuk Melindungi Data Pribadi di Internet

    KOMPAS.com - Ada satu hikmah di balik pandemi Covid-19, yakni menciptakan masyarakat yang lebih "melek teknologi ". Sebab, sebagian besar da Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA