FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 07-2020

    1271

    Penuhi Hak Anak, Kemkominfo: Orang Tua Harus Manfaatkan Teknologi Digital

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA - Perubahan yang terjadi sejak pandemi Covid-19 melanda negeri menjadikan tahun ini menjadi masa yang tidak mudah bagi anak-anak dalam proses belajar. Mereka dihadapkan pada perubahan pola belajar dari tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

    Dalam situasi ini, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Muktiyo meminta para orang tua untuk memanfaatkan teknologi digital demi memenuhi hak-hak dasar anak dalam pendidikan.
    ”Melalui momentum Hari Anak Nasional, kita ingin meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan selama masa pandemi Covid-19 melalui pemanfaatan media digital untuk belajar dan bergembira di rumah,” ujar Widodo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/7/2020).

    Menurut dia, pemanfaatan teknologi digital secara benar dan positif justru dapat membantu tumbuh kembang anak. Media digital membantu membangun kreatifitas anak meskipun berada di rumah selama pandemi. Hal ini sekaligus mengeliminasi hal-hal yang dianggap negatif dari internet.

    “Optimisme anak-anak Indonesia harus tetap dijaga kendati dalam masa pandemi Covid-19. Mari kita ajak anak-anak memanfaatkan waktu untuk mengembangkan diri secara kreatif dengan hati yang gembira," ujarnya.

    Dalam peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, pemerintah mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan tagline “Anak Indonesia Gembira di Rumah”. Lewat tema ini pemerintah berharap bahwa anak-anak Indonesia tetap semangat melaksanakan kewajiban sebagai generasi penerus bangsa dalam suasana adaptasi kebiasaan baru, terutama dalam hal menerapkan protokol kesehatan mencegah mereka dari paparan virus Corona.

     

    Sumber: Sindonews.com
    Pewarta: Faorick Pakpahan

    Berita Terkait

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA