FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 08-2020

    438

    Kominfo Dukung Kota Tegal Jadi Living Lab Smart City

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo – Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung Pemerintah Kota Tegal dalam mewujudkan Living Lab Smart City.

    “Saya menyambut niat baik ini, saya tahu persis ini merupakan rencana yang sangat penting. Kita membutuhkan langkah cepat atau extraordinary, kata Bapak Presiden, untuk membangun dan mempercepat pelaksanaan transformasi digital,” kata Dirjen SDPPI Ismail saat menyambut kunjungan pejabat Pemerintah Kota Tegal, di Ruang Rapat Lantai 13 Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (06/08/2020).

    Living Lab Smart City merupakan sebuah ekosistem yang mampu mendukung terwujudnya kerjasama antara pemerintah, komunitas, industri, pendidikan, dan masyarakat, dengan tujuan mendapatkan pengetahuan dan melakukan perbaikan penerapan smart city dalam menyelesaikan permasalahan sebuah kota. Dirjen SDPPI meyakinkan Kemkominfo akan mempercepat proses ini, termasuk berkoordinasi dengan operator telekomunikasi.

    “Transformasi digital dapat diimplementasikan tidak hanya di kota-kota besar, tapi juga di daerah. Kami berharap secepat mungkin mengundang operator telekomunikasi untuk dapat langsung membangun dan menyelesaikan rencana ini, sekaligus memperbaiki detail engineering desainnya, sehingga proses pembangunan dapat dilakukan serentak dan terpadu,” katanya.

    Dirjen Ismail menjabarkan besarnya pengaruh Information and Communication Technology (ICT) dalam meningkatkan perekonomian. ICT adalah pengungkit perekoniman yang luar biasa, sehingga tidak boleh ada keraguan dalam mengeluarkan anggaran, baik dari APBN maupun investasi swasta, untuk mengembangkannya.

    Manfaat ICT memberi efek domino pada berbagai sektor, seperti pariwisata, perdagangan, dan lain sebagainya. “ICT sekarang sangat krusial jadi pengungkit ekonomi nasional. Pemerintah mengalokasikan APBN untuk membangun infrastruktur di desa-desa tertinggal, Jawa dan luar Jawa yang belum terkoneksi,” kata Dirjen SDPPI.

    Menanggapi hal tersebut, Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi mengungkapkan pejabat di daerah mendapat perintah dari Presiden agar melakukan transformasi digital. “Harapan pemerintah pusat agar daerah bisa go digital. Harapan saya, semoga Tegal dapat menjadi living lab untuk kawasan telekomunikasi,” katanya.

    Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sesditjen SDPPI R. Susanto, Plt Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen PPI Marvels Situmorang, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Tegal Sugiyanto, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Markus Wahyu Priyono.

    Berita Terkait

    Menkominfo: Terapkan 3I Agar Jadi Pemenang di Era Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate menyatakan pandemi Covid-19 merupakan momentum bagi para siswa dan mahasiswa untuk mengasa Selengkapnya

    Dirjen Aptika: Penguatan Regulasi Jadi Syarat Transformasi Digital

    Regulasi menjadi syarat percepatan transformasi digital, selain penyiapan infrastruktur dan aplikasi digital. Menurut Direktur Jenderal Apli Selengkapnya

    Kominfo dan BPJPH Kerja Sama Diseminasi Informasi Layanan Sertifikasi Halal

    Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BP Selengkapnya

    Menkominfo: Bangun Optimistisme, Maju Bangkit Lawan Covid-19

    Tahun ini, bangsa Indonesia merayakan Peringatan Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tema yang dipilih tahun ini Bangkit Indon Selengkapnya