FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 08-2020

    628

    Penangguhan Sekolah Tatap Muka di Sukabumi? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar pesan berantai di grup aplikasi WhatsApp mengenai penangguhan pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka pada tanggal 18 Agustus 2020 di Kota Sukabumi.

    Konon, penangguhan itu disebabkan adanya kelengkapan administratif yang harus dipenuhi sebelum pelaksanaan KBM tatap muka itu digelar. Keputusan itu, konon juga ditetapkan setelah rapat dengan DPRD Kota Sukabumi.

    Hal itu dibantah Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi. "Sampaikan itu hoaks," singkat Fahmi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (15/08/2020).

    Menurut Fahmi sementara ini 31 sekolah tingkat SMA sederajat yang lolos verifikasi tahap kedua oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Sukabumi. Dengan demikian, bisa melaksanakan KBM secara tatap muka pada 18 Agustus 2020 mendatang dengan tetap pengawasan ketat dari GTPP.

    "Iya dengan tetap pengawasan ketat dari GTPP. Kalau tidak disiplin, GTPP akan meminta untuk ditutup kembali sementara waktu," tukas Fahmi.

    Berikut daftar lengkap konten hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika Minggu (16/08/2020):

    1. Grup WhatsApp Covid-19 Catut Nama WHO Cs
    2. Penangguhan Sekolah Tatap Muka Tanggal 18 Agustus 2020 di Kota Sukabumi
    3. Raja Bahrain Dikawal Robot Bersenjata
    4. Pengeroyokan oleh Pemotor di Flyover Kebayoran Lama
    5. Akun Facebook Mengatasnamakan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno
    6. Foto Anies Memanen Padi yang Masih Hijau

    Berita Terkait

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    File Undangan Pemilu DPT Lewat WA, Awas Hoaks!

    File undangan pemilu DPT tersebut merupakan penipuan. Selengkapnya

    Cincin Perusak Kertas Suara Pemilu 2024? Itu Hoaks!

    Gambar tersebut adalah hoaks lama yang pernah beredar pada Pemilu 2019 dan kembali beredar menjelang Pemilu 2024. Selengkapnya

    Kontak Ponsel PLN Kota Depok? Awas Hoaks!

    PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat melalui akun Twitter resminya @pln_jabar, mengklarifikasi bahwa nomor pada Google Maps Kantor PLN Kota Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA