FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 08-2020

    1737

    Manfaatkan Ruang Digital, Perayaan HUT ke-75 RI Tetap Meriah

    Kategori Berita Kominfo | agus103
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate dan pejabat tinggi madya Kementerian Kominfo mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual dari Ruang Serbaguna Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (17/08/2020). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia saat ini dapat diikuti secara langsung oleh seluruh masyarakat sebagai dampak pemanfaatan transformasi digital. Menurutnya, peringatan tahun ini meski berlangsung di tengah pandemi Covid-19 tetap berlangsung khidmat dan meriah.

    "Ketika kemerdekaan RI dibacakan Soekarno dan Hatta, baru beberapa lama dunia mengetahui. Sekarang masyarakat dapat mengikuti secara langsung," ujarnya usai mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual dari Ruang Serbaguna Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (17/08/2020).

    Menurut Menteri Johnny, meski berlangsung di tengah pandemi Covid-19, perayaan ulang tahun kemerdekaan tetap berlangsung meriah.  "Perayaan selama 74 tahun dengan perayaan meriah yang disaksikan di Istana Merdeka, kali ini dirayakan melalui ruang digital. Kemeriaan tetap sama, khusuk dan khidmat tetap sama. Cara kita merayaannya yang berbeda," tegasnya.

    Ketika mengikuti upacara, Menteri Johnny mengenakan pakaian adat Songke Manggarai, tanah kelahirannya.  Menurutnya, penggunaan pakaian adat merupakan manifestasi keberagaam budaya Indonesia.  "Kekayaan fashion Indonesia yang luar biasa yang sudah beberapa kali pada 17 Agustus di meriahkan dengan tampilan busana Nusantara, Bahkan sekarang, sepatu sampai makses sudah banyak yang memproduksi  dengan desain-desain daerah-daerah kita," ungkapnya.

    Dalam peringatan tahun ini, Menteri Kominfo mengingatkan kembali semangat gotong royong untuk beradaptasi dalam lingkungan baru dan memasuki era baru transformasi digital. "Presiden menekankan perayaan kita memperhatikan di sisi yang satu tapi di sisi yang lain tetap dengan semangat optimisme kita kita harus bangkit kita harus bangun untuk Indonesia yang lebih maju seperti tema yang diangkat Bangkit untuk Indonesia Maju," paparnya.

    Hadir mendampingi Menteri Kominfo seluruh pejabat tinggi madya di lingkungan Kementerian Kominfo. Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti mengenakan baju adat Lampung.  Sementara  Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli mengenakan baju adat Sunda. 

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Widodo Muktiyo mengenakan baju adat Betawi,  Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Basuki Yusuf Iskandar mengenaikan baju adat Yogyakarta, dan Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengenakan Baju Safari, baju adat dari Bali.

    Inspektur Jenderal Doddy Setiadji mengenakan baju adat Makassar; Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum Baju Adat Lampung dan Dirut Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Anang Latif mengenakan baju adat Ambon, Maluku.

    Berita Terkait

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    Lanjutkan Program Prioritas Nasional, Kominfo Percepat Pemerataan Akses Internet

    Kementerian Kominfo capaian penyelesaian pembangunan BTS 4G berdasarkan data per 16 Juli 2023 sudah beroperasi 4.343 titik termasuk adanya Selengkapnya

    Transformasi Digital dan Pemerataan Akses Internet Kunci Indonesia Maju 2045

    Konektivitas yang cepat dan merata akan membuka peluang bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningka Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA