FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 08-2020

    1239

    Dirjen Aptika: Peretasan dan Serangan Siber Fenomena Global

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan peretasan akun atau serangan siber tidak saja terjadi di Indonesia, hal itu merupakan fenomena global.

    “Ini adalah fenomena global, ini sedang terjadi perubahan yang kita sendiri gak tahu,” tutur Dirjen Aptike dalam Livestream Ngobrol Tempo Pembungkaman Kritik di Masa Pandemi dari Jakarta, Kamis (27/08/2020).

    Dirjen Semuel mencontohkan sejumlah tokoh global  juga pernah mengalami peretasan akun media sosialnya, salah satunya yang dialami Bill Gates beberapa waktu lalu.

    “Bill Gates aja akunnya diretas setelah dia ngomong secara publik mengkritik tentang ini, kita gak tahu siapa yang melakukan, masyarakat Amerika tidak serta-merta menunjuk rezim pemerintahannya Trump,” jelasnya.

    Menyoal fenomena peretasan akun, menurut Dirjen Aptika perlu berlandaskan pada fakta dan data. Pemerintah khususnya Kementerian Kominfo juga mengajak seluruh masyarakat untuk bekerja sama memberantas serangan siber di ruang digital.

    “Ayo kita sama-sama kerja sama, kalau memang ada kejadian itu ayo kita bedah,” ajaknya.

    Dirjen Semuel kembali menegaskan bahwa untuk menuntaskan serangan siber maka harus masuk ke dalam sistem tersebut untuk mengetahui setiap akun yang diretas apakah benar-benar dilakukan oleh orang lain.

    “Apakah benar akunnya di-take over atau dikloning, kalau bisa dikloning bagaimana? Banyak hal yang harus dilakukan tapi kita harus berbicara berdasarkan fakta, tapi kita lihat memang sedang terjadi bukan saja di Indonesia,” imbuhnya.

    Kementerian Kominfo, menurut Dirjen Aptika, terus mengamati fenomena tersebut. Bahkan bisa saja ada pihak-pihak ketiga yang mencoba untuk membenturkan antara masyarakat dan pemerintah, “Pemerintah juga ingin memberantas kok, kalau kita gak menjaga demokrasi kan sampai saat ini kita menjaga kebebasan,” tandasnya.

    Berita Terkait

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Awas Hoaks, KPU Coret Nama Gibran dan Jatuhkan Denda Rp50 Miliar

    Faktanya, klaim yang menyatakan bahwa KPU mencoret nama Gibran dari daftar Cawapres dan menjatuhkan denda Rp50 miliar tidak benar. Selengkapnya

    Dirjen PPI: Digitalisasi Penyiaran Peluang Lahirkan Konten Kreator Baru

    Digitalisasi penyiaran meningkatkan kualitas siaran yang diharapkan dapat mempertahankan kepemirsaan televisi di tengah pesatnya perkembanga Selengkapnya

    Mahfud MD Ajak Bos Media Lawan Serangan Fajar Pemilu 2024

    Serangan fajar sudah dipakai untuk istilah politik uang transaksional, dimana orang membayar agar seseorang memilih calon yang diinginkan pe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA