FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 08-2020

    71

    BRI Beri Bantuan Covid-19? Hati-hati Hoaks!

    Kategori Berita Kementerian | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar informasi dalam bentuk selebaran mengenai pemberian bantuan bagi masyarakat yang terkena dampak Covid-19 mengatasnamakan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI).

    Konon, dalam selebaran itu dituliskan, nasabah Bank BRI disarankan untuk melakukan pencairan dana melalui BRI Virtual Account (BRIVA) agar dana bantuan tersebut dapat dibagikan secara otomatis ke tabungan nasabah dengan nominal sesuai 7 digit angka terakhir KTP nasabah.

    Hasil penelusuran fakta Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan Bank BRI melalui akun twitter resmi mengklarifikasi bahwa informasi selebaran yang beredar itu adalah tidak benar atau hoaks.

    Bank BRI menegaskan, hal tersebut merupakan tindak penipuan dengan modus bantuan Covid-19 dengan cara pencairan dana melalui BRIVA.  Oleh  karena itu, BRI mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan transaksi apapun sebelum memastikan kebenaran informasi tersebut melalui Contact BRI.

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh TIM AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (29/08/2020):

    1. Daftar wilayah 200 Orang Positif Covid-19 di Purworejo pada 25 Agustus 2020
    2. Seorang Banser Stres dan Meninggal Akibat Sering Diejek Menjaga Gereja dan Membubarkan Pengajian
    3. Sosok Malaikat di antara Jemaah Masjid Nabawi
    4. Akun Facebook Wali Kota Malang Sutiaji Berjualan Pulsa
    5. Banser di Gereja Membawa Pulang Nasi Tumpeng
    6. Kebakaran Gedung Kejagung karena Tikus Gigit Kabel Listrik

    Berita Terkait

    Suhu Panas Masker Buat Penderita Hipotiroid Positif Covid-19? Hoaks!

    Selengkapnya

    Ada Penjarahan di ITC Roxy Mas? Awas Hoaks!

    Ada tayangan video memperlihatkan kerusuhan yang terjadi di ITC Roxy Mas Jakarta Pusat. Konten yang disebar di media sosial itu disertai nar Selengkapnya

    Deteksi Covid-19 Tanpa Swab Test? Awas Hoaks!

    Beredar konten dalam pesan berantai berisi klaim cara mendeteksi Covid-19 dalam tubuh tanpa perlu melakukan tes swab atau PCR. Selengkapnya

    Pesan Berantai Cara Dapat Kuota Gratis? Awas Hoaks!

    Beredar pesan berantai disertai gambar berisi informasi mengenai cara mendapatkan kuota internet gratis dari semua platform penyedia jasa in Selengkapnya