FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 09-2020

    1172

    Apresiasi GNLD Siberkreasi dan RTIK Kota Madiun, Menkominfo: TIK Bangsa Indonesia Unggul!

    SIARAN PERS NO. 109/HM/KOMINFO/09/2020
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 109/HM/KOMINFO/09/2020

    Selasa, 8 September 2020

    Tentang

    Apresiasi GNLD Siberkreasi dan RTIK Kota Madiun, Menkominfo: TIK Bangsa Indonesia Unggul! 

    Pemerintah mengapresiasi keberhasilan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) dan Relawan TIK (RTIK) Kota Madiun yang dinobatkan sebagai Winner dan Champion dalam World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2020.

    "Mewakili pemerintah Indonesia saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Winner dan Champion dari Indonesia. Kiranya pencapaian teman-teman GNLD Siberkreasi dan juga pegiat RTIK menunjukkan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang unggul dalam bidang TIK di dunia," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam konferensi pers virtual dari rumah dinas Widya Chandra, Jakarta, Selasa (08/09/2020).

    Dalam naskah konferensi pers yang dibacakan oleh Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Digitalisasi dan SDM, Dedy Permadi, menyatakan penghargaan yang direbut oleh dua wakil Indonesia itu didedikasikan kepada rakyat Indonesia.

    "Penghargaan ini juga kami dedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia, termasuk 8000 relawan TIK yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, serta 108 mitra dan jejaring yang tergabung dalam GNLD Siberkreasi," ucap Dedy Permadi.

    Menteri Johnny mengharapkan hasil kolaborasi semua pihak itu akan menginspirasi setiap upaya literasi digital guna menutup kesenjangan digital. Staf Khusus Menteri Kominfo menyebutkan penghargaan itu sebagai hasil kerja keras seluruh pihak yang terlibat, baik pelaksana, pegiat literasi digital maupun masyarakat Indonesia yang terlibat dalam seluruh program dan kegiatan.

    "Saya berharap penghargaan tersebut terus dapat menginspirasi banyak pihak, bukan hanya komunitas saja tetapi juga individu pribadi, untuk semakin giat dalam melakukan kegiatan literasi digital dan mempersempit digital divide," jelasnya.

    Atas nama Menteri Kominfo, Dedy Permadi menyampaikan terima kasih dan mengajak seluruh pihak untuk mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia.

    "Sekali lagi saya ucapkan selamat dan terima kasih atas dukungan dan kolaborasi seluruh pihak yang terlibat, mari bersama-sama bergandeng tangan untuk mendukung percepatan transformasi digital Indonesia!" ajaknya.

     

    Kalahkan 761 karya

    Di tengah masa pandemi Covid-19 masih melanda dunia, penghargaan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. WSIS merupakan forum lintas-pemangku kepentingan di bidang TIK yang bernaung di bawah International Telecommunication Union (ITU), Perserikatan Bangsa-Bangsa.

    "Setiap tahunnya WSIS memberikan penghargaan terhadap karya-karya dan inisiatif dari berbagai negara yang telah berkarya nyata dalam bidang TIK di tengah-tengah masyarakat," tutur Staf Khusus Menteri Kominfo tersebut.

     

    Dalam WSIS Prizes 2020 kali ini, terdapat 762 karya atau inisiatif yang terseleksi. Dari jumlah tersebut, terdapat 72 nominator pemenang atau “Champion” dan 18 pemenang utama atau “Winner” yang berasal dari berbagai penjuru dunia.

    "WSIS Prizes menggunakan penilaian berdasarkan kompetensi, kapasitas, kapabilitas dan tranparansi yang terukur dan sangat ketat. Dalam hal ini, penilaian dilakukan oleh panel ahli yang dibentuk oleh ITU," jelas Dedi Permadi.

    Tahun ini, GNLD Siberkreasi dianugerahi gelar WSIS Prize 2020 Winner, dari kategori Action Lines WSIS C4 terkait Peningkatan Kapasitas atau Capacity Building.

    GNLD Siberkreasi telah menjadi wadah kolaborasi bagi berbagai mitra intitusi dan organisasi pegiat literasi digital di Indonesia. Sejak didirikan tahun 2017, GNLD Siberkreasi telah berhasil meliterasi setidaknya 75 juta penduduk Indonesia melalui berbagai kegiatan literasi digital online dan offline.

    Sedangkan, RTIK Kota Madiun juga berhasil menyabet WSIS Prize 2020 sebagai Champion, dari kategori Action Lines WSIS C9 terkait Media. RTIK Madiun merupakan perkumpulan pegiat dan komunitas pengguna pengembang dan pemanfaat teknologi informasi dan komunikasi yang sekarang sudah beranggotakan 8000 relawan di seluruh penjuru Indonesia.

     

    Kolaborasi untuk Transformasi Digital

    Ketua Umum GNLD SIberkreasi menyatakan penghargaan yang diterima merupakan buah kolaborasi bersama seluruh mitra Siberkreasi.

    "Ini adalah pencapaian dari sebuah kolaborasi bersmaa. GNLD Siberkreasi telah menjadi wadah kolaborasi bagi 108 mitra intitusi dan organisasi pegiat literasi untuk melakukan inisiasi peningkatan literasi digital di berbagai wilayah Nusantara dengan konsisten untuk membuat konten positif," ujarnya.

    Seluruh pengurusnya adalah relawan perwakilan mitra yang dipilih secara demokratis, bergantian dan kolektif, guna mendedikasian waktu tenaga dan pikirannya untuk menjamin kegiatan GNLD Siberkreasi memiliki kebermanfaatan bagi publik.

    “Semoga kemenangan GNLD Siberkreasi ini dapat mendorong kita untuk mewujudkan visi kita mencerdaskan bangsa di ranah digital. Dengan semangat baru ini kita bisa menjalankan visi dan misi kita. Ini bisa jadi sebuah ajakan karena literasi igital tugas kita semua supaya bisa menjadi masyarakat yang cerdas dan juga mencerdaskan," tutur Yosi.

    Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Fajar Eridianti, menambahkan bahwa Relawan TIK Indonesia di tahun ini untuk ketiga kalinya menjadi champion dalam WSIS Prizes 2020 yang diwakili oleh Relawan TIK Madiun.

    “Terima kasih kepada seluruh kepercayaan masyarakat Indonesia. Salam bangga dari relawan TIK Indonesia," ujarnya.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 121/HM/KOMINFO/09/2020 tentang Cerdaskan Bangsa, Kominfo Bangun Akses dan Dukung Program Kuota Data Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan dukungan penuh pelaksanaan Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet tahun 2020. Kebijakan it Selengkapnya

    Siaran Pers No. 120/HM/KOMINFO/09/2020 tentang Tekan Disparitas, Kominfo Genjot Internetifikasi di KEK NTT

    Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, saat ini Pemerintah tengah fokus untuk meningkatkan rasio dan menurunkan dispari Selengkapnya

    Siaran Pers No. 119/HM/KOMINFO/09/2020 tentang Sediakan "Free Bayar", Menkominfo: Kita Gunakan Beragam Teknologi Penuhi Akses Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi geogra Selengkapnya

    Siaran Pers No. 118/HM/KOMINFO/09/2020 tentang Waspada Kejahatan Siber, Kominfo Imbau Jangan Bagikan Kode Rahasia/OTP Fraud

    Pandemi Covid-19 mendorong peningkatan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di kalangan masyarakat. Bahkan, masyarakat yang sebelum Selengkapnya