FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 09-2020

    110

    Facebook Larang Live Musik Mulai 1 Oktober 2020? Disinformasi!

    Kategori Berita Kementerian | srii003

    Jakarta, Kominfo - Telah beredar konten unggahan di media sosial Twitter membicarakan soal rumor Facebook akan melarang event musik secara live streaming. Dalam konten itu dinyatakan larangan tersebut akan dimulai pada 1 Oktober 2020.

    Dilansir dari laman situs Liputan6.com, Facebook sebenarnya tidak melarang pertunjukan musik di platform mereka, termasuk live streaming. Namun, Facebook tetap menerapkan kebijakan lama yang berdasarkan perjanjian hak cipta.

    Facebook akan menghapus live streaming atau video musik yang melanggar hak cipta. Berdasarkan temuan tersebut, maka klaim yang menyebutkan bahwa Facebook akan melarang event musik secara live streaming adalah disinformasi.

    Facebook melalui blog mereka menjelaskan, "Jika menggunakan musik komersial tanpa izin yang sesuai, streaming bisa dihapus dari Facebook. Ini bisa terjadi secara tidak sengaja jika streaming menyertakan musik latar. Jangan ragu untuk menggunakan galeri musik dan efek suara berlisensi kami yang tersedia gratis secara global," tulis manajemen Facebook.

    "Standar Komunitas kami berlaku untuk video siaran langsung, sama halnya dengan jenis konten lain di Facebook. Konten yang melanggar kebijakan kami akan dihapus. Jika Anda melakukan siaran dari Halaman, Grup, atau Acara, kebijakan Halaman, Grup, dan Acara berlaku untuk Anda. Jika Anda memposting konten bermerek, Anda harus mematuhi kebijakan Konten Bermerek. Definisi konten bermerek menurut kami adalah konten kreator atau penerbit yang menampilkan atau dipengaruhi oleh partner bisnis demi keuntungan bersama," begitu bunyi penjelasan Facebook.

    Berikut laporan isuhoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat (25/09/2020):

    1. Informasi Grup WhatsApp untuk Wilayah Covid-19 dan Pembagian Vaksin
    2. Mobil Esemka Keluaran Terbaru Siap Mengangkut Korban Covid-19
    3. Pesan Berantai Sultan Hamengkubuwono X Sebut Positif Negatif Corona Podowae
    4. Flu Membunuh 14 Kali Lipat Daripada Covid-19
    5. Tenggorokan Kering Meningkatkan Risiko Infeksi
    6. Facebook Larang Live Musik Mulai 1 Oktober 2020
    7. Tidak Diputarnya Film G30S/PKI Menunjukan Indonesia Negara Komunis
    8. Nelayan Kodingareng Dimanfaatkan Walhi untuk Tolak Tambang Pasir di Sulsel
    9. Foto Habib Rizieq Shihab Memakai Serban Berlogo Palu Arit
    10. Pesan WhatsApp Mengatasnamakan DJP Kabupaten Pati
    11. Akun Facebook Mengatasnamakan Gubernur Tanjungpinang Beserta Istri
    12. Hadiah Uang Tunai Program Semarak Lazada 2020

    Berita Terkait

    Menkopolhukam Dicopot? Awas Disinformasi!

    Beredar potongan video di media sosial Facebook berisi klaim bahwa Presiden Joko Widodo mencopot Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Selengkapnya

    Fatwa Haram MUI Soal Produk Prancis? Itu Disinformasi!

    Beredar sebuah narasi di sosial media Facebook yang menyebutkan MUI mengharamkan produk Prancis. Setelah ditelusuri oleh Tim AIS Kementerian Selengkapnya

    Video Penyerangan Ulama di Jakarta Selatan? Awas Disinformasi!

    Beredar konten video di media sosial Facebook yang memperlihatkan suasana keriuhan para santri di suatu tempat. Selengkapnya

    48 Orang Tewas Akibat Suntik Vaksin Covid-19? Awas Disinformasi!

    Beredar konten di media sosial Facebook mengenai adanya 48 warga Korea Selatan meninggal setelah mendapatkan vaksin Covid-19. Konten itu dis Selengkapnya