FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 09-2020

    1293

    Dirjen SDPPI Harap Komunitas Postel Jadi Agen Perubahan Teknologi Digital

    Kategori Berita Kominfo | Irso
    Dirjen SDPPI Ismail di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (28/09/2020). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Komunitas Pos dan Telekomunikasi diharapkan menjadi agen perubahan untuk masyarakat dalam percepatan transformasi digital dari banyak aspek. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail, usai menghadiri Upacara Virtual Peringatan Hari Bhakti Postel ke-75.

    “Komunitas Postel harus bisa menjadi agen of development, agen perubahan kepada masyarakat untuk bisa mengadopsi teknologi digital di kehidupan sehari-hari,” tutur Dirjen SDPPI di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (28/09/2020).

    Menurut Dirjen Ismail, selain pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, Komunitas Postel juga harus menterjemahkan transformasi digital dari aspek pemanfaatannya.

    “Misalnya untuk meningkatkan produktivitas UMKM sehingga UMKM di Indonesia ini bisa memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan bisnis dan melakukan aktifitas ekonomi di dunia digital,” ujarnya.

    Selain untuk UMKM, Komunitas Postel juga perlui membantu adopsi pemanfaatan teknologi digital kepada pelajar dan mahasiswa. "Agar bisa melakukan proses belajar mengajar jarak jauh. Karena di sisi lain, pandemi Covid-19  menuntut pelajar dan mahasiswa tetap membangun karakter dan kompetensi melalui dunia digital," ungkap Dirjen SDPPI.

    Aspek penting lainnya, lanjut Dirjen Ismail adalah lingkungan pemerintahan. Pelayanan publik yang lebih baik, transparan, cepat dan akuntabel kepada masyarakat juga dilihat dari adopsi teknologi digital yang berkualitas baik pelayanan publik di pemerintah pusat maupun daerah. 

    “Jadi hampir semua sektor baik di pemerintahan, dunia usaha, pendidikan bahkan sampai rumah tangga Ibu-ibu dan sebagainya, Komunitas Postel harus bisa memberikan agen of development untuk penggunaan atau mengadopsi teknologi digital ini dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya 

    Pesan untuk Insan Kominfo

    Dirjen SDPPI menyampaikan pesan khusus kepada insan Kominfo di seluruh Indonesia dalam Peringatan ke-75 tahun Hari Bhakti Postel.

    “Saya berpesan kepada seluruh insan Kominfo untuk tetap menjaga semangat dan spirit yang ada di dalam Hari Bhakti Postel,” tuturnya.

    Menurut Dirjen Ismail, perjuangan insan Kominfo adalah never ending dan tidak pernah kenal lelah. Hari Bhakti Postel harus dijadikan momentum untuk terus bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja sama.

    Selain itu, Dirjen SDPPI Kominfo juga menekankan pentingnya mengembangkan inovasi dan menjaga spirit sebagai insan Kominfo untuk diimplementasikan ke dalam dunia nyata dan yang kekinian. 

    “Semoga teman-teman insan Kominfo di seluruh Indonesia bisa menerjemahkan itu dalam keseharian spirit dari Hari Bhakti Postel ini,” ujarnya.

    Berita Terkait

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Bicara Ekonomi Digital ASEAN

    Pemerintah Indonesia terus mengakselerasi agenda transformasi digital nasional, termasuk memperkuat konektivitas digital, khususnya melalui Selengkapnya

    Kolaborasi Negara ASEAN Bahas Penggunaan Spektrum Hingga Teknologi Baru

    Pertemuan itu membahas perkembangan 5G, perencanaan World Radiocommunication Conference (WRC), perubahan regulasi maupun perkembangan teknol Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA