FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 09-2020

    4445

    Targetkan 4G Merata Tahun 2022, Kominfo Implementasikan 5G Tepat Waktu

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail, menjelaskan implementasi teknologi 5G dimulai ketika akses jaringan 4G telah menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia yang ditargetkan tahun 2022 .

    Menurut Dirjen Ismail, teknologi 5G merupakan salah salah satu rangkaian dari enhancement teknologi yang sudah ada saat ini.

    “Kita sekarang sudah sampai pada penghujung untuk menuntaskan jaringan 4G di seluruh Indonesia, ditargetkan sampai dengan akhir tahun 2022 seluruh desa terhubung dengan jaringan 4G, itu target kita,” ujarnya di Jakarta, Senin (28/09/2020). 

    Sembari menuntaskan 4G di tahun 2022, menurut Dirjen SDPPI, Indonesia juga mengawali implementasi 5G, terutama untuk kebutuhan yang mendapatkan aplikasi yang bermanfaat untuk 5G. Namun Dirjen SDPPI menilai pemerintah tidak ingin membangun 5G secara tidak tepat waktu. 

    “Jadi kecepatan itu juga gak lebih bagus tapi tepat waktu. Terlambat gak bagus, cepat gak bagus. Jadi harus in time, harus tepat waktunya,” jelasnya.

    Menurut Dirjen SDPPI Ismail, implementasi dilaksanakan ketika semua ekosistem 5G  siap. Pemerintah, menurutnya tidak ingin operator seluler membangun jaringan dengan mengeluarkan pos biaya yang sangat besar tapi pemanfaatannya belum siap.

    "Belum menghasilkan produktifitas nasional yang baik, belum bisa menghasilkan return of investment (pengembalian investasi dengan cepat). Jadi kita sedang bekerja keras mempersiapkan beberapa prasyarat agar implementasi 5G itu bisa terasa dan manfaatnya langsung terasa,” jelasnya.

    Berita Terkait

    Baksos dan Santunan Anak Yatim, Ketua DWP Kominfo Ingatkan Soal Sedekah

    Ketua Panitia Baksos dan Santunan Anak Yatim DWP Kementerian Kominfo Ilma Nugrahani Ismail menyatakan kegiatan Bakti Sosial Santunan dan Baz Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    [Berita Foto] Rayakan Natal 2023, Menkominfo Gelar Open House

    Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir untuk bersilaturahmi dalam acara tersebut. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA