FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 09-2020

    2160

    Menkominfo Ajak Kembangkan Inovasi Digital

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak seluruh insan pos dan telekomunikasi serta ekosistem komunikasi dan informatika untuk mengembangkan inovasi untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia.

    “Inovasi, kreasi, dan kontribusi kita bersama menjadi kunci dalam pelaksanaan akselerasi transformasi digital Indonesia,” ujar Menkominfo, dalam Upacara Upacara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-75 dari Aula Anantakupa, Kantor Kementerian Kominfo (Kemenkominfo), Jakarta, Senin (28/9).

    Johnny mengingatkan kembali sejarah pada 27 September 1945, ketika Soetoko dan kawan-kawan yang tergabung dalam Angkatan Muda Pos, Telegrap, dan Telepon (AMPTT) merebut jawatan PTT dari tangan tentara Jepang.

    “Sejak saat itu, 27 September kita peringati sebagai Hari Bakti Postel, salah satu tonggak kemerdekaan bangsa sekaligus merupakan titik awal dalam perkembangan pos serta telekomunikasi Indonesia,” ungkapnya.

    Guna memperingati perjuangan sekaligus jasa Soetoko dan kawan-kawan terhadap kemajuan bidang pos dan telekomunikasi Indonesia, Menkominfo menyatakan, peringatan tahun ini diselenggarakan dengan tema Transformasi Digital untuk Indonesia Maju.

    “Hari ini plus satu, kita rayakan Hari Bakti Postel ke-75 yang bertema Transformasi Digital untuk Indonesia Maju dengan meriah secara maknawi dan tetap mengutamakan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin,” ujar Johnny.

    Dia melanjutkan, perjuangan dalam membangun negara belum selesai. Karena itu, ia mengajak kepada seluruh sivitas Kemenkominfo terus berinovasi dan berkarya untuk menyiapkan Indonesia yang siap dengan Revolusi Industri 4.0.

    “Terlebih lagi, dalam masa pandemi ini, hampir seluruh kegiatan dan aktivitas masyarakat membutuhkan telekomunikasi dan infrastruktur yang mumpuni,” ajaknya.

    Menkominfo menyatakan, sektor pos dan telekomunikasi memiliki peranan yang penting untuk menjadi solusi yang menjembatani penanganan krisis kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional.

    “Menyadari kebutuhan tersebut, Pemerintah pun hadir dengan agenda besar percepatan transformasi digital nasional yang harus diimplementasikan sesegera mungkin,” ujar Johnny.

     

    Transformasi Digital 

     Mengutip arahan Presiden Joko Widodo, dia kembali menyampaikan lima fokus utama dalam agenda percepatan transformasi digital nasional, yakni percepatan perluasan akses dan peningkatan pembangunan infrastruktur digital.

    Selanjutnya, pembuatan peta jalan transformasi digital di sektor strategis, percepatan integrasi pusat data nasional, penyiapan sumber daya manusia, atau talenta digital, serta percepatan penyiapan hal-hal yang terkait regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan.

    Sejalan dengan arahan tersebut dan dalam upaya meningkatkan rasio internetifikasi, atau keterjangkauan internet di Indonesia dan menurunkan disparitas internetifikasi antarwilayah, Kemenkominfo secara serius terus mengupayakan percepatan transformasi digital Indonesia.

    Dalam Peringatan Hari Bakti Postel ke-75, pemerintah juga memberikan penghargaan Satyalancana Wira Karya dan Satyalancana Pembangunan. Penghargaan diberikan kepada 24 orang anak bangsa yang telah memberikan sumbangsih yang besar terhadap sektor pos dan telekomunikasi Indonesia.

     

    Sumber: Investor.id
    Pewarta: Emanuel Kure
    Editor: Abdul Muslim
    Link: https://investor.id/it-and-telecommunication/menkominfo-ajak-kembangkan-inovasi-digital 

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA