FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 09-2020

    2387

    [DISINFORMASI] Kantor Bupati Jayawijaya Dibakar Oleh Masa Aksi Penolakan Otonomi Khusus Jilid II

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah pemberitaan yang tersebar di media sosial tentang unggahan foto yang menampilkan Kantor Bupati Jayawijaya terbakar, dengan disertai narasi “Kantor Bupati Jayawijaya Wamena di bakar habis oleh warga masyarakat penolakan Otsus Jilid II. Papua merdeka”, unggahan tersebut diposting pada 25 September 2020. 

    Faktanya, klaim terbakarnya Kantor Bupati Jayawijaya akibat dibakar massa aksi yang menolak Otonomi Khusus Jilid II adalah salah. Menurut penelusuran Cekfata Tempo.co yang menghubungi pemimpin redaksi media lokal Papua, Kabarpapua.co, Syamsuddin Levi Lazore, diklarifikasi bahwa pada 25 September 2020 tidak ada unjuk rasa di Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya oleh massa yang menolak Otsus Jilid II. Adapun potret terbakarnya Kantor Bupati tersebut adalah ketika peristiwa kerusuhan di Wamena, Papua, pada September 2019 akibat para demonstran yang terpicu oleh pernyataan guru terhadap seorang siswa yang diduga berbau rasis. Namun, menurut Kepolisian Daerah Papua, dugaan terkait ujaran rasial itu tidak benar.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/1032/fakta-atau-hoaks-benarkah-kantor-bupati-jayawijaya-dibakar-warga-yang-tolak-otsus-papua-jilid-ii

    Berita Terkait

    [HOAKS] Gedung Bawaslu Dibakar Massa karena Tolak Hasil Pemilu 2024

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Kabupaten Gunungkidul Darurat Klitih

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video “Pidato Presiden Jokowi Diduga Menggunakan Bahasa Mandarin”

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Perubahan Nama Lokasi Mahkamah Konstitusi Menjadi Mahkamah Keluarga pada Google Maps

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA