FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 10-2020

    133

    Menkominfo: UU Cipta Kerja Jawab Kebutuhan Regulasi Penyiaran

    Kategori Berita Kementerian | Irso

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, dengan disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja, ada beberapa hal fundamental untuk sektor pos, telekomunikasi dan penyiaran. Salah satunya berkaitan dengan regulasi primer mengenai penyiaran digital.

    "Undang-Undang Cipta Kerja telah menembus kebuntuan regulasi bidang Penyiaran yang telah belasan tahun tidak terealisasi," ujarnya di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (06/10/2020).

    Menurut Menteri Johnny, dengan terealisasinya dasar hukum migrasi penyiaran TV analog ke digital dan kepastian tenggat waktu Analog Switch Off (ASO), Indonesia dapat segera mengejar ketertinggalan dari negara lain dalam pemanfaatan digital dividend spektrum frekuensi radio di pita 700MHz.

    Spektrum frekuensi radio dengan pita 700MHz tersebut, lanjutkan Menteri Kominfo dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan, kesehatan, dan penanganan kebencanaan, serta kepentingan Digitalisasi Nasional.

    Menteri Kominfo juga menjelaskan Analog Switch Off ASO), juga menghilangkan potensi interferensi frekuensi antara negara yang berbatasan, khususnya di ASEAN yang telah sepakat untuk seluruhnya migrasi siaran TV analog ke digital.

    “Seperti diketahui bahwa saat ini Indonesia sangat tertinggal dari negara lain di bidang siaran TV digital hampir 90%  negara di dunia telah menghentikan siaran TV analog yang sangat boros pita frekuensi radio, energi dan tampilan serta fiturnya yang kurang optimal,” jelasnya.

    Berita Terkait

    Perhatikan Kompetensi Difabel, Menkominfo: Kita Kembangkan Lewat Pelatihan TIK

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, kaum difabel perlu mengambil bagian secara konkret dalam menterjemahkan araha Selengkapnya

    Sosialisasi dan Literasi Jadi Pilar Utama Digitalisasi Penyiaran

    Persiapan matang dan terencana menyambut alih teknologi siaran analog ke digital pada 2022 harus dilakukan secara serius. Pasalnya, salah sa Selengkapnya

    Terima DIPA 2021, Menkominfo: Mari Kerja Bersama

    Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2021. Menteri Kominfo Johnny G. Plate m Selengkapnya

    Menkominfo: BBPPT Adalah Perisai Konsumen

    Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate mengharapkan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Kem Selengkapnya